Sukses


5 Fakta Menarik Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Debutan

Bola.com, Jakarta - Tidak lama lagi perhelatan Piala Asia U-23 2024 bergulir. Turnamen yang berlangsung di Qatar itu dimulai pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Ada sejumlah fakta-fakta menarik yang mengiringi perjalanan turnamen bergengsi kelompok usia di Asia tersebut. Piala Asia U-23 2024 bakal dihelat di tiga kota yakni Al Rayyan, Doha, dan Al Wakrah.

Sementara itu, empat stadion yang digunakan sebagai venue pertandingan antara lain Jassim bin Hamad Stadium, Khalifah International Stadium, Suheim bin Hamad Stadium, dan Saoud bin Abdulrahman Stadium.

Piala Asia U-23 tahun ini merupakan edisi keenam. Ajang itu digelar kali pertama pada 2013 dengan Oman sebagai tuan rumah. Ketika itu, Irak keluar sebagai juara setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0.

Selain beberapa catatan itu, masih ada sederet fakta menarik lainnya seputar Piala Asia U-23 2024. Berikut ini Bola.com menyajikan ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Debutan di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 menjadi salah satu dari 16 tim yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu berstatus debutan pada turnamen tersebut.

Sejak ajang itu diperkenalkan pada 2013, Tim Merah-Putih tidak pernah lolos ke putaran final. Tim Garuda Muda selalu kandas pada kualifikasi.

Armada Shin Tae-yong itu tergabung di Grup A Piala Asia U-23. Timnas U-23 akan bertarung melawan Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

Garuda Muda lolos ke Qatar setelah menjadi juara Grup K pada kualifikasi. Indonesia U-23 menang 9-0 atas Chinese Taipei dan 2-0 saat bersua Turkmenistan. Tim Merah-Putih mengemas enam poin dari dua pertandingan yang dimainkan.

Selain Timnas Indonesia U-23 dan tuan rumah Qatar, ada 14 tim kuat Asia lainnya yang ikut ambil bagian. Sebut saja Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Arab Saudi.

3 dari 6 halaman

Tiket Menuju Olimpiade

Piala Asia U-23 2024 sekaligus menjadi kualifikasi Asia untuk cabang olahraga sepak bola di Olimpiade Paris 2024. Juara, runner-up serta peringkat ketiga akan otomatis berlaga di ibu kota Prancis.

Sementara tim penghuni posisi keempat harus melakoni play-off melawan tim dari konfederasi sepak bola Afrika (CAF) untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024.

Sejauh ini sudah ada 12 tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Olimpiade 2024 Paris. Di antaranya Argentina, Paraguay, Amerika Serikat, Republik Dominika, dan Spanyol.

Kemudian Israel, Ukraina, Maroko, Mesir, Mali, Selandia Baru, serta tuan rumah Prancis.

 

4 dari 6 halaman

5 Juara Berbeda

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Asia U-23, tercatat ada lima negara berbeda yang pernah menjadi juara. Jawara di edisi pertama pada 2013 diraih Irak. Saat itu, Singa Mesopotamia menang tipis 1-0 atas Arab Saudi di final.

Pada edisi selanjutnya atau pada 2016, giliran Jepang yang mengangkat trofi. Skuad muda Samurai Biru mengandaskan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2 di final.

Jawara pada tiga edisi berikutnya masing-masing menjadi milik Uzbekistan pada 2018. Kemudian Korea Selatan pada 2020, dan Arab Saudi di edisi terkini yakni 2022.

5 dari 6 halaman

Wakil ASEAN Paling Bersinar

Ada empat wakil ASEAN yang siap berlaga di Piala Asia U-23 2024. Selain Indonesia, adapula Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Negara terakhir bisa dibilang memiliki prestasi lebih mentereng ketimbang tiga peserta lainnya.

Vietnam merupakan langganan Piala Asia U-23 dari ASEAN. Tim yang dijuluki The Golden Stars itu sudah ikut serta sejak edisi 2016. Prestasi terbaiknya yakni finis runner-up, setelah kalah 1-2 dari Uzbekistan di partai final Piala Asia U-23 2018.

Pada Piala Asia U-23 2020, Vietnam gagal melaju lebih jauh setelah tersingkir pada fase grup. Kemudian pada 2022, langkah The Golden Stars terhenti pada perempat final. Adapun pada edisi tahun ini, tim besutan Hoang Anh Tuan tersebut masih jadi kekuatan yang patut diperhitungkan.

Timnas Vietnam U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 dengan mengemas poin nyaris sempurna. Mereka memimpin Grup C dengan tujuh angka dalam tiga laga. Menang atas Guam U-23 6-0 dan membekuk Yaman U-23 dengan skor 1-0, serta ditahan 2-2 Singapura U-23.

6 dari 6 halaman

Qatar 2 Kali Jadi Host

Ini merupakan kali kedua Qatar menjadi tuan rumah Piala Asia U-23. Sebelumnya mereka didapuk sebagai host pada 2016 silam.

Ketika itu, The Maroon cuma mampu finis di peringkat keempat. Qatar gagal melaju lebih ke jauh setelah tumbang 1-2 dari Irak pada perebutan tempat ketiga.

Qatar sebetulnya tampil cukup baik di sepanjang turnamen. Skuad muda The Maroon tidak terkalahkan pada fase grup dengan mengantongi empat kemenangan. Lalu, takluk 1-3 dari Korea Selatan di semifinal.

Video Populer

Foto Populer