Sukses


Termasuk Ragnar Oratmangoen, Ini Deretan Pemain Berlabel Naturalisasi yang Menjalankan Ibadah Puasa

Bola.com, Jakarta - Umat muslim di Indonesia sedang menjalankan ibadah puasa yang sesuai ketetapan pemerintah, dimulai sejak Selasa (12/3/2024). Bersamaan dengan momen ini, kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 ikut menyesuaikan jadwal pertandingannya dengan dimulai pukul 20.30 WIB.

Berbicara mengenai bulan suci Ramadan, umat musim menunaikan ibadah puasa. Tak terkecuali para pemain sepak bola di Indonesia.

Bukan hanya pemain lokal, sejumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia juga diketahui turut menjalani puasa Ramadan. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang jalani puasa Ramadan.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Diego Michiels

Nama pertama dalam daftar ini ada Diego Michiels yang kini bermain di Borneo FC. Dia juga pernah jadi andalan Timnas Indonesia usai resmi dinaturalisasi jadi WNI pada 2011.

Diego Michiels memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah, Robbi Michiels. Sementara ibunya, yakni Annet Kloppenburg, diketahui berasal dari Belanda.

Diego pun kemudian memutuskan menjadi mualaf pada 2012. Semenjak menjadi mualaf, Diego pun turut menjalani puasa di bulan Ramadhan, termasuk tahun ini.

3 dari 6 halaman

Cristian Gonzales

Pemain naturalisasi berdarah Uruguay, Cristian Gonzales juga masuk dalam daftar ini. Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2010.

El Loco dipercaya memperkuat Timnas Indonesia, dan yang paling mengena adalah Piala AFF 2010. Sejauh ini, dia sudah mengumpulkan 32 caps dengan catatan 13 gol.

Pemain yang mengantar Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2010 ini pun turut menjalani puasa Ramadan bersama keluarganya. Sebab, Gonzales diketahui sudah menjadi mualaf.

4 dari 6 halaman

Esteban Vizcarra

Nama berikutnya Esteban Vizcarra yang kini bermain untuk PSS Sleman. Sama seperti Cristian Gonzales dan juga Diego Michiels, dia memutuskan menjadi mualaf. Keputusan itu diambil pada 2012 saat menikahi Resti Ayu Ferdina.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia ini juga akan menjalani puasa Ramadan. Sejauh ini, Esteban Vizcarra memang sudah pernah merasakan membela Timnas Indonesia saat melawan Myanmar di sebuah laga uji coba yang berlangsung pada 2018.

5 dari 6 halaman

Sandy Walsh

Selanjutnya Sandy Walsh. Penggawa Timnas Indonesia ini resmi dinaturalisasi pada 17 November 2022, dan sempat menjadi andalan di ajang Piala Asia 2023 di Qatar.

Sandy Walsh mencoba pengalaman baru pada Ramadan tahun lalu. Untuk kali pertama ia mencoba ikut berpuasa.

Sandy Walsh memang bukan seorang muslim, tetapi mencoba puasa dilakukan untuk bisa merasakan pengalaman baru. Sandy Walsh tak sendirian karena sang kekasih juga turut menjajal puasa.

6 dari 6 halaman

Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen adalah calon pemain Timnas Indonesia yang masih menunggu secara resmi sebagai seorang WNI. Tetapi, proses naturalisasinya tengah digenjot demi membela Timans Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada bulan ini.

Ragnar Oratmangoen pun diketahui beragama Islam. Alhasil, dia turut menjalani puasa Ramadan, termasuk pada tahun 2024 ini. Ragnar Oratmangoen saat ini bermain untuk klub Fortuna Sittard di Belanda.

Video Populer

Foto Populer