Sukses


Pelatih Persebaya Dibikin Pusing dengan Pemanggilan Toni Firmansyah ke Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mengirim satu pemain yang mendapat panggilan Timnas Indonesia U-20. Dia adalah gelandang Toni Firmansyah, yang disiapkan untuk menghadapi dua laga uji coba melawan Tiongkok pada 22 dan 25 Maret 2024.

Pertandingan Timnas Indonesia U-20 sendiri digelar saat BRI Liga 1 2023/2024 sedang libur FIFA Matchday. Jadi, Paul Munster tidak perlu merasa kehilangan karena timnya juga baru akan bertanding pada 27 Maret 2024 melawan Arema FC.

Pelatih Persebaya, Paul Munster, mengaku pusing dengan situasi ini. Tapi, itu sebenarnya hanyalah ungkap implisit saja. Sebab, dia memandang Toni sebagai pemain berkualitas yang terus berkembang.

“Toni menunjukkan peningkatan. Sekarang, dia membuat saya pusing karena masuk Timnas Indonesia U-20. Sekarang, dia lebih banyak termotivasi, dia saat pemain lain mulai perlahan menurun,” ucap Paul Munster.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kepercayaan di Liga 1

Toni mampu menunjukkan peningkatan performa di BRI Liga 1 2023/2024. Dia pun akhirnya mencetak gol perdana untuk Persebaya ke gawang Borneo FC (7/3/2024).

Pertandingan berlangsung dramatis terjadi saat Borneo menjamu Persebaya (7/3/2024). Skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul dulu lewat sepakan keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti (85’).

Toni memanfaatkan bola muntah yang mengarah kepadanya. Dengan satu sentuhan, dia melepas tembakan keras dan hanya membuat kiper Nadeo Argawinata melongo tanpa berupaya menghalau sepakannya.

Itu adalah gol perdananya untuk Persebaya. Sayangnya, gol itu tidak membantu Persebaya memenangkan pertandingan. Borneo pada akhirnya menang 2-1 dalam laga ini.

3 dari 4 halaman

Pemahaman Taktik

Munster menyebutkan bahwa Toni memiliki pemahaman taktik yang baik. Hal itu kemudian berdampak pada performa gelandang asli Surabaya itu di lapangan dan mampu menyumbang gol.

“Kami tidak bisa melemparnya ke dalam, di ujung yang dalam. Saya juga perlu melindunginya, sedikit, secara bertahap. Yang pasti, dia akan mendapat lebih banyak menit bermain,” ucap Paul Munster.

“Saya akan melihatnya kembali dari pemusatan latihan. Pemain ini akan menjadi masa depan kami. Tapi, secara perlahan, dia memberi saya kesempatan memikirkan taktik, dan tentu saja Toni terlibat dalam tim ini,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Promosi

Toni Firmansyah musim lalu masih masuk skuat Persebaya U-18. Dia baru promosi ke tim senior sejak awal musim ini. Di usia masih 19 tahun, belum banyak menit bermain juga yang didapatnya.

Gelandang asli Surabaya itu bisa menjawab kebutuhan Bajul Ijo yang sedang bermasalah di lini tengah. Apalagi, Persebaya kini tidak punya gelandang asing selepas kepergian Ze Valente dan Song Ui-young.

Musim ini, Toni Firmansyah telah mencetak masing-masing satu gol dan assist dalam 15 penampilan di Liga 1.

 

Video Populer

Foto Populer