Sukses


Persija Jakarta Menggeliat di BRI Liga 1, Pengamat: Konsisten untuk Kejar 10 Besar

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta baru saja meraih kemenangan penting di BRI Liga 1 2023/2024. Klub berjulukan Macan Kemayoran itu sukses menundukkan Persik Kediri pada pekan ke-29.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (16/3/2024) malam WIB, Persija Jakarta menang dengan skor 2-0. Sepasang gol Persija Jakarta diborong striker asal Kroasia, Marko Simic.

Hasil positif itu membawa Tim Macan Kemayoran naik ke peringkat sembilan klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 38 poin. Perolehan angka itu hasil dari sembilan kemenangan, 11 imbang, dan menelan sembilan kekalahan.

Kemenangan atas Persik Kediri tidak hanya mendongkrak posisi Persija Jakarta di tabel klasemen sementara BRI Liga 1, namun juga penting untuk menaikkan kepercayaan diri pemain. Pada pekan sebelumnya, Persija takluk 1-2 dari Persib Bandung.

 

2 dari 6 halaman

Bisa Konsisten?

Persija Jakarta masih menyisakan lima pertandingan musim reguler BRI Liga 1 musim ini. Dua laga di antaranya dimainkan di kandang, adapun sisanya Tim Macan Kemayoran harus bertandang ke markas lawan.

Memang, armada Thomas Doll itu baru saja memetik kemenangan krusial atas Persik Kediri. Namun, yang jadi pertanyaan apakah bisa mereka tetap konsisten hingga akhir musim?

Soal itu, pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, memberikan komentarnya. Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu mengatakan, kans Persija untuk mendulang poin maksimal cukup terbuka.

Apalagi, saat ini sang bomber Marko Simic mulai rajin mencetak gol. Striker berusia 36 tahun itu bisa diandalkan dalam membobol gawang lawan. Dari empat laga terakhir, Simic sudah membukan enam gol.

Istimewanya, jumlah gol itu ia cetak masing-masing lewat brace atau dua gol per pertandingan. Antara lain ke gawang Arema FC, Dewa United, dan Persik Kediri. Marko Simic cuma gagal mencatatkan namanya di papan skor ketika bersua Persib Bandung.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

3 dari 6 halaman

Peluang Finish di 10 Besar

"Persija Jakarta memang mengalami progres bagus secara hasil. Secara peluang memang peringkat dua sampai 10 masih memiliki kans untuk masuk ke babak Championship Series, karena baru satu slot di fase itu yang sudah diisi Borneo FC," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Minggu (17/3/2024).

"Namun melihat konsistensi permainan dan juga materi pemain yang berpengalaman, saya kira peluang Persib Bandung dan Bali United lebih besar dibanding yang lain," sambungnya.

Apa yang dikatakan Erwan Hendarwanto cukup beralasan. Sebab, saat ini dua tim yang disebut di atas masih menduduki papan atas klasemen sementara. Persib ada di urutan kedua dengan torehan 54 angka, sedangkan Bali United bertengger di urutan ketiga (48 poin).

Artinya, target realistis yang bisa dicapai tim kesayangan warga Jakarta itu yakni finish di posisi 10 besar. Meskipun demikian, butuh perjuangan dan kerja keras dari seluruh elemen tim untuk meraih hasil yang diharapkan.

 

4 dari 6 halaman

Tetap Waspada

Nah, untuk satu slot tersisa, Erwan Hendarwanto memprediksi Madura United lah yang bakal menemani Borneo FC, Persib, dan Bali United ke babak Championship Series.

"Untuk jatah satu slot tersisa saya kira peringkat empat Madura United tetapi juga masih ada PSIS Semarang yang membuntuti," katanya.

"Tetapi tim-tim ini juga harus memaspadai kebangkitan Persija Jakarta, bukan tidak mungkin Persija bisa menyalip peringkat di atasnya pada akhir kompetisi untuk mengisi satu slot pada babak empat besar," lanjut Erwan.

Ya, hal itu bisa saja terjadi. Syaratnya, Persija Jakarta wajib menyapu bersih semua laga sisa. Maka mereka akan mengumpulkan 53 poin di akhir kompetisi. Sembari berharap tim-tim rival macam Barito Putera, Dewa United, Persik, Persis, dan PSIS terpeleset di lima pertandingan tersisa.

 

5 dari 6 halaman

5 Laga Terakhir Persija Jakarta di BRI Liga 1 2023/2024

30 Maret 2024: Bali United Vs Persija Jakarta

4 April 2024: Persija Jakarta Vs Persis Solo

15 April 2024: Barito Putera Vs Persija Jakarta

21 April 2024: RANS Nusantara Vs Persija Jakarta

28 April 2024: Persija Jakarta Vs PSIS Semarang

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer