Sukses


Pengamat: Wajar Vietnam Khawatir dengan Kekuatan Timnas Indonesia Sekarang

Bola.com, Yogyakarta - Jelang laga lanjutan Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Vietnam kerap melancarkan psywar ke kubu Timnas Indonesia. Mereka terus menyinggung keberadaan pemain naturalisasi di skuad Garuda.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Golden Star Warriors di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam. Selanjutnya, giliran Vietnam yang jadi tuan rumah di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam.

Untuk sementara ini, Garuda menjadi juru kunci Grup F dengan torehan satu poin dari dua laga yang dijalani. Hasil itu didapat setelah Indonesia takluk 1-5 dari Timnas Irak pada 16 November 2023 dan ditahan imbang 1-1 Timnas Filipina (21/11/2023).

Dari 26 nama yang dipanggil, beberapa di antaranya berstatus pemain naturalisasi. Sebut saja Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, dan Marc Klok.

2 dari 4 halaman

Hal yang Wajar

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memberikan komentarnya perihal sindiran yang dilontarkan kubu tim tamu. Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu menyebut hal wajar bila Vietnam terus berkicau di media sosial.

Erwan berujar, Timnas Indonesia kini memiliki kekuatan yang tak bisa dianggap sebelah mata. Plus pada pertemuan terakhir, Tim Merah-Putih berhasil menumbangkan Vietnam 1-0 pada fase grup Piala Asia 2023.

"Sangat wajar mereka begitu khawatir dengan perubahan yang terjadi di Timnas Indonesia, mereka tidak lagi bisa menganggap enteng kekuatan Timnas Indonesia yang sekarang ini," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Rabu (20/3/2024).

"Namun sekali lagi saya ingatkan Indonesia tidak boleh lengah dan over confidence, bisa saja Vietnam hanya melakukan psywar di media supaya Timnas Indonesia merasa terganggu dengan komentar-komentar mereka," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Fokus pada Tim Sendiri

Menurut Erwan Hendarwanto, skuad Garuda tak boleh terpengaruh atas komentar miring dari Vietnam. Ketimbang memikirkan omongan tim lawan, lebih baik Timnas Indonesia tetap fokus mempersiapkan diri jelang laga nanti.

"Tetap fokus dengan persiapan sendiri, saya pikir kita juga sudah tidak sabar menanti penampilan Timnas era baru dengan tambahan pemain naturalisasi. Semoga bisa memberikan permainan dan hasil yang terbaik," katanya.

Tidak hanya itu, pelatih asal Magelang, Jawa Tengah itu memprediksi Timnas Indonesia bakal bermain agresif sejak menit awal. Erwan Hendarwanto juga yakin Garuda bisa memetik kemenangan meyakinkan pada laga nanti.

"Saya kira Indonesia akan tampil agresif menyerang sejak menit awal, bukan saja kita bermain di kadang sendiri tapi materi pemain yang ada cukup mumpuni untuk menjalankan taktik dan strategi agresif attacking. Saya yakin Indonesia bisa menang pada laga nanti," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Kamis, 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Kick-off: 20.30 WIB

 

  • Selasa, 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB
  •  

Video Populer

Foto Populer