Sukses


Adu Kuat Pemain Abroad Timnas Indonesia Vs Local Pride Vietnam: Jangan Anggap Remeh!

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mencoba menurunkan kekuatan terbaiknya saat menghadapi Vietnam. Kedua tim akan bersua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Menariknya, ada sebanyak 11 pemain yang berkarier di luar negeri atau abroad dalam 26 nama yang akan menghadapi Vietnam. Namun, hanya delapan di antaranya yang bisa bertanding, sedangkan tiga sisanya akan absen.

Kapten Asnawi Mangkualam akan absen karena skorsing. Lalu, dua pemain abroad lain, yakni Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye belum bisa dimainkan karena masih baru saja menjalani proses naturalisasi.

Delapan pemain Timnas Indonesia abroad lain yang bisa tampil adalah Pratama Arhan, Jay Idzes, Justin Hubner, Sandy Walsh, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, dan Rafael Struick. 

2 dari 4 halaman

Kiper: Nadeo

Shin Tae-yong, kemungkinan akan tetap mempertahankan formasi 3-4-2-1 untuk berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam lanjutan Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 itu.

Tak ada nama Jordi Amat dan Elkan Baggott yang sudah pasti absen. Dari 11 nama pemain, sebanyak tujuh di antaranya adalah nama-nama yang berkarier di luar negeri atau abroad.

Posisi penjaga gawang kemungkinan masih dihuni oleh Nadeo Argawinata.

3 dari 4 halaman

Kans Sandy Walsh

Lalu, tiga bek akan diisi oleh Rizky Ridho, Jay Idzes, dan Justin Hubner.

Absennya Asnawi membuka kesempatan bagi Sandy Walsh menempati posisi bek sayap kanan. Lalu, Nathan Tjoe-A-On kemungkinan belum dimainkan sejak menit pertama sehingga Pratama Arhan tetap di bek sayap kiri.

Duo gelandang akan menjadi milik Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner, dua gelandang muda yang sama-sama berkarier di luar negeri. Sedangkan trisula lini depan dihuni oleh Rafael Struick, Ramadhan Sananta, dan Yakob Sayuri.

4 dari 4 halaman

Berbanding Terbalik

Keberadaan delapan pemain abroad diharapkan bisa menambah kualitas permainan Timnas Indonesia. Sebab, kebanyakan dari mereka berkarier di Eropa dan terbias dengan atmosfer kompetitif.

Situasi berbeda ditunjukkan oleh Vietnam yang bahkan tidak memiliki satu pemain abroad pun di skuatnya saat ini. Mereka sebenarnya sempat memanggil Nguyen Cong Phuong, pemain yang berkarier di Jepang bersama Yokohama FC, tapi dia kali absen karena cedera.

Tanpa Cong Phuong, Vietnam masih memiliki striker lokal yang tajam bernama Nguyen Tien Linh. Nama yang satu ini diprediksi jadi ujung tombak serangan mengingat dia sudah tercatat menjebol gawang Timnas Indonesia sebanyak empat kali.

Di posisi penjaga gawang, Vietnam tidak bisa memainkan Dang Van Lam akibat cedera. Padahal, Van Lam selama ini penjaga gawang andalan mereka. Di lini belakang ada Nguyen Thanh Binh dan Bui Hoang Viet Anh yang mampu tampil cemerlang.

Sedangkan di lini tengah masih ada Nguyen Quang Hai dan Do Hung Dung yang merupakan sentral pemainan Vietnam. 

Video Populer

Foto Populer