Sukses


Jelang Timnas Indonesia Vs Vietnam di Pertemuan Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026: Semoga Makin Nyetel!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bersiap menghadapi Timnas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda telah bertolak ke Hanoi, Vietnam, pada Sabtu (23/3/2024) pagi.

Timnas Indonesia menantang Vietnam dalam laga keempat Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menurut jadwal, duel kedua tim berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Pada pertemuan sebelumnya, Garuda sukses membekuk Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB. Gol tunggal Timnas Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

Total ada 26 nama yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadapi Vietnam. Namun, pada pertemuan kedua nanti ada sejumlah pemain yang absen karena cedera dan sakit.

 

2 dari 5 halaman

Dihuni Sederet Naturalisasi

Dari daftar skuad yang ada saat ini, beberapa personel di antaranya berstatus pemain naturalisasi. Sebut saja Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Marc Klok, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Dua nama terakhir urung dimainkan lantaran belum lama ini menyelesaikan proses naturalisasi. Keduanya kemungkinan bisa membela Tim Merah-Putih di Hanoi mendatang.

Adapun dua pemain yang baru saja melakoni debut bersama Timnas Indonesia adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Kedua pemain keturunan Belanda itu tampil sejak menit awal saat melawan Vietnam di SUGBK.

 

 

3 dari 5 halaman

Cepat Adaptasi

Jay Idzes bermain penuh selama 90 pada laga itu. Sedangkan Nathan diturunkan selama 45 menit pada babak pertama. Mereka tampil cukup bagus di laga debutnya.

Kredit khusus layak diberikan kepada Jay Idzes. Bek berusia 23 tahun itu yang mengisi posisi bek tengah bermain sangat solid sepanjang laga. Dia menjadi tembok kukuh yang sulit ditembus lawan.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto memuji penampilan para pemain naturalisasi di laga kontra Vietnam. Mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu berharap mereka dapat bermain lebih bagus lagi di kandang Vietnam.

Terlebih, bagi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen seandainya diberikan debut pada pertandingan nanti. "Semoga di pertandingan kedua, pemain-pemain naturalisasi yang baru bisa cepat dalam beradaptasi dengan tim," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Sabtu (23/3/2024) sore.

"Mudah-mudahan mereka bisa memberikan kontribusi seperti Jay Idzes sehingga kekuatan Timnas Indonesia jauh lebih kuat. Sekali lagi selamat untuk kemenangan dan perjuangan seluruh anggota tim, Garuda layak menang dan pastinya rakyat Indonesia bangga," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Posisi Klasemen

Berkat kemenangan atas Vietnam, Timnas Indonesia untuk sementara naik ke posisi kedua klasemen Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Garuda mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan. Hasil dari sekali menang, imbang, dan kalah.

Sementara Vietnam harus rela turun ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi tiga angka. Golden Star Warriors mengemas tiga poin dari tiga laga. Perinciannya meraih satu kemenangan serta dua kekalahan.

Sang pemuncak klasemen Timnas Irak mengemas poin sempurna yakni sembilan dari tiga pertandingan yang dijalani. Posisi buncit ditempati Timnas Filipina dengan nilai satu.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

 

Selasa, 26 Maret 2024

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Stadion My Dinh, Hanoi
  • Kick-off: 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer