Sukses


Shin Tae-yong Terpukau dengan Kualitas Thom Haye ketika Timnas Indonesia Lumat Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terpukau dengan penampilan Thom Haye menyusul pesta gol atas Timnas Vietnam dalam lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Thom Haye menjalani debutnya untuk Timnas Indonesia ketika membantai Vietnam 3-0 dalam partai keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Selasa (27/3/2024) malam WIB.

Gelandang berusia 29 tahun itu juga mencetak assist perdananya kala memberikan umpan dari sepak pojok untuk gol pertama Timnas Indonesia melalui Jay Idzes.

Keberadaan Thom Haye seolah melupakan absennya Ivar Jenner di Timnas Indonesia. Pemain berusia 20 tahun itu tidak bisa bermain menghadapi Vietnam karena masih sakit.

2 dari 3 halaman

Penilaian Shin Tae-yong

"Mengenai Thom Haye, kalian tahu bahwa Ivar Jenner tengah sakit. Jadi, Thom Haye menggantikannya untuk bermain sebagai gelandang," ujar Shin Tae-yong.

Lapang Bola mencatat bahwa Thom Haye membukukan 24 umpan sukses, tertinggi di Timnas Indonesia, dua tekel, dan satu recovery saat menantang Vietnam.

"Dia melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Saya lebih dari 100 persen puas dengan penampilan Thom Haye," kata arsitek asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 3 halaman

Kembali ke Belanda

Setelah membela Timnas Indonesia kontra Vietnam, Thom Haye kembali ke Belanda. Pemain keturunan Solo, Jawa Tengah dan Minahasa, Sulawesi Utara, itu bergabung lagi dengan SC Heerenveen.

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia makin nyaman bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tujuh poin dari empat partai.

Tim berjulukan Skuad Garuda itu masih menyisakan dua laga di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menjamu Timnas Irak pada 6 Juni 2024 dan Timnas Filipina pada lima hari berselang.

Video Populer

Foto Populer