Sukses


Gambaran Mengerikan Starting XI Timnas Indonesia U-23: Kombo Alumni SEA Games 2023 dan Pemain Abroad

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, bakal memiliki komposisi starting eleven yang mengerikan apabila bisa memanggil seluruh amunisi terbaiknya pada Piala Asia U-23 2024.

Komposisi starting eleven yang diisi materi pemain terbaik ini bisa membantu Timnas Indonesia U-23 menghadapi persaingan yang ketat saat melawan para kompetitornya di Grup A Piala Asia U-23 2024.

Di grup ini, skuad Garuda Muda bakal bersaing melawan Australia, Yordania, dan Qatar. Tim yang disebut terakhir berstatus sebagai tuan rumah. Tak hanya itu, ketiga peserta ini juga punya rekam jejak yang mentereng.

Sebab, mereka sama-sama pernah merebut peringkat ketiga di ajang Piala Asia U-23. Australia meraihnya pada edisi 2022, Qatar para 2018, sedangkan Yordania mencapai prestasi serupa pada edisi 2013.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Butuh Pemain Abroad

Jika mengingat kembali ucapan Shin Tae-yong setelah sukses lolos dari fase kualifikasi pada medio September 2023, dia sempat mengisyaratkan pentingnya kehadiran pemain-pemain abroad Timnas Indonesia U-23 ini untuk bisa bersaing di Piala Asia U-23 2024. 

“Saya berani bicara Timnas Indonesia U-23 cukup bisa bersaing di Piala Asia U-23 2024. Masalahnya hanya Ivar Jenner dan pemain yang berkarier di luar negeri lain apakah bisa dipanggil atau tidak,” kata Shin Tae-yong.

“Kehadiran pemain-pemain ini tentu bakal sangat penting pada April nanti. Apabila bisa dipanggil semuanya, saya yakin dan berani Timnas Indonesia U-23 bisa menjadi penantang,” tambahnya.

 

3 dari 5 halaman

Komposisi Mengerikan

Timnas Indonesia U-23 memang bakal memiliki komposisi skuad yang mengerikan apabila pemain-pemain terbaiknya bisa mendapatkan izin untuk berlaga di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Kerangka utamanya mengacu pada pemain-pemain andalan yang diturunkan Shin Tae-yong saat menghadapi fase kualifikasi. Komposisi ini bakal semakin kuat dengan hadirnya sejumlah pemain keturunan yang telah resmi menjadi WNI.

Dengan skema 4-3-3, skuad Garuda Muda bakal memiliki wajah yang mewah. Sektor kiper tampaknya masih akan diberikan kepada Ernando Ari. Dia bakal dikawal duet Rizky Ridho-Elkan Baggott di jantung pertahanan. Lalu, Rio Fahmi beroperasi di bek kanan, dan Pratama Arhan di kiri.

 

4 dari 5 halaman

Sektor Tengah dan Depan

Sementara itu, lini tengah bakal diisi oleh tiga nama. Kombinasi Ivar Jenner dan Justin Hubner sebagai double-pivot bakal menopang kehadiran Marselino Ferdinan yang berperan di depannya.

Komposisi trio pemain depan yang mematikan bisa mengandalkan Rafael Struick dan Witan Sulaeman di koridor sayap. Keduanya terhitung memiliki fleksibilitas untuk saling bertukar posisi.

Struick dan Witan mengemban bertugas untuk menyokong sekaligus menyediakan servis matang kepada Ramadhan Sananta yang diprediksi mengisi posisi nomor sembilan alias penyerang tengah.

 

5 dari 5 halaman

Starting XI Timnas Indonesia U-23

(4-3-3): Ernando Ari; J, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Pratama Arhan, Justin Hubner, Ivar Jenner, Ilham Rio Fahmi; Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong

Video Populer

Foto Populer