Sukses


Prediksi BRI Liga 1 Persebaya Vs Dewa United: Wajib 3 Poin Demi Menjauh dari Degradasi

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sedang berupaya untuk menjauh dari zona degradasi. Caranya, mereka harus mengalahkan Dewa United dalam pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (16/4/2024).

Tim berjulukan Bajul Ijo itu kini menduduki posisi ke-10 dengan 39 poin. Mereka masih berjarak delapan angka dari Arema yang ada di posisi ke-16 atau teratas zona degradasi dengan 31 poin.

Jika sukses mengalahkan Dewa United, Persebaya akan mengoleksi 42 poin dan semakin menjauh dari ancaman degradasi. Malah, situasinya bisa jadi sudah aman kalau Arema gagal memenangi pekan ke-31.

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, telah melakukan persiapan matang untuk bisa memenangkan laga kandang melawan United ini.

“Pemain sudah mengerti apa yang harus dilakukan, karena kami sudah melakukan evaluasi dalam latihan maupun pada sesi analisa video. Kami pada setiap pertandingan selalu berproses untuk setiap detail di lapangan,” kata Paul Munster.

2 dari 5 halaman

Catatan Apik

Beruntungnya, Persebaya memiliki catatan cukup apik saat bersua Dewa United. Kedua tim sudah berjumpa sebanyak tiga kali sejak musim lalu, dan hasilnya Bajul Ijo tak pernah kalah, yakni dua menang satu satu seri.

Musim lalu, Persebaya sukses menang 3-0 saat menjamu Dewa United di kandang. Kemenangan itu tentu dihadapkan bisa berlanjut lagi untuk membuat Persebaya bisa merangsek ke papan atas.

Persebaya kini menghuni posisi ke-10 klasemen sementara dengan 39 poin dalam 30 pertandingan. Mereka telah membukukan sembilan menang, 12 seri, dan sembilan kalah.

Tim asal Kota Pahlawan itu sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai menang dalam Derbi Jatim melawan tim rival pekan lalu. Persebaya mampu menang 1-0 atas Arema FC (27/3/2024) dan itu jadi modal penting untuk menjamu Dewa United.

“Kami sebenarnya memiliki banyak peluang mencetak gol, bahwa jumlah gol yang diciptakan belum maksimal, kami akan memperbaikinya. Sebaliknya kita menciptakan sejumlah clean sheet. Intinya kami harus berjuang lebih keras untuk lebih baik lagi,” ucap Munster.

3 dari 5 halaman

Reputasi Tim Tamu

Tim tamu datang dengan sejumlah reputasi cukup apik. Dewa United tercatat selalu memenangi tiga laga terakhir. Masing-masing adalah Persikabo 1973 (2-1), Bhayangkara FC (3-2), dan Persita Tangerang (4-1).

Kemenangan atas Persita itu wajib menjadi sorotan. Empat gol yang mereka ciptakan dari empat yang berbeda, yakni Brian Fatari, Dimitris Kolovos, Egy Maulana Vikri, dan Majed Osman. Menariknya, tak ada striker dalam empat nama itu.

Brian Fatari adalah seorang bek. Lalu, Kolovos dan Majed berposisi sebagai gelandang. Sedangkan Egy Maulana Vikri biasanya dimainkan sebagai winger atau penyerang lubang.

Dari situ terlihat bahwa Dewa United memiliki banyak alternatif dalam urusan mencetak gol. Sedangkan striker asing mereka, Alex Martins, sendiri juga tergolong pemain produktif dengan telah mencetak 17 gol dalam 29 laga.

Meski demikian, pelatih Dewa United, Jan Olde Riekerink, enggan meremehkan kekuatan Persebaya.

“Persebaya adalah tim yang bagus. Mereka punya banyak pemain yang secara teknis bagus. Sangat terstruktur. Jadi saya tahu bahwa ada peluang. Namun saya pikir ini mungkin akan menjadi pertandingan tersulit bagi kami,” kata Jan Olde Riekerink.

4 dari 5 halaman

Fakta Dewa United

Dewa United kini menduduki posisi ketujuh klasemen sementara dengan 44 angka. Mereka masih punya peluang masuk empat besar mengingat ada Madura United yang mengoleksi 47 angka di posisi keempat.

Urusan produktivitas gol, Dewa United cukup apik dengan telah mencetak 49 gol dan kemasukan 43 gol. Artinya, mereka masih punya surplus 6 gol. 

“Sejauh ini, kami memiliki hasil yang bagus. Faktanya juga bahwa kami masih harus memainkan empat pertandingan. Dan kita juga tiba-tiba berada di posisi dengan lima klub yang akan memperebutkan posisi terakhir untuk babak championship,” ujar Jan Olde Riekerink.

“Sebagai olahragawan, Anda harus selalu berusaha mencapai puncak musim Anda. Saya katakan kepada para pemain saya. Dan itu akan menjadi tantangan besar. Bahwa Dewa United akan menjadi klub yang menempati posisi keempat,” tuturnya.

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain:

  • Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Catur Pamungkas, Dusan Stevanovic, Yan Victor, Reva Adi Utama (belakang); Kadek Raditya, Andre Oktaviansyah, Muhammad Iqbal (tengah); Robson Duarte, Paulo Henrique, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)
  • Dewa United (4-3-3): Sonny Stevens (kiper); Ady Setiawan, Brian Fatari, Risto Mitrevski, Alta Ballah (belakang); Theo Numberi, Ricky Kambuaya, Dimitri Kolovos (tengah); Feby Eka Putra, Alex Martins, Ahmad Nufiandani (depan)
  • Pelatih: Jan Olde Riekerink (Belanda)

 

Prediksi Bola.com: 50:50

Live: Indosiar dan vidio.com

Pukul: 15.00 WIB

Tempat: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya 

Video Populer

Foto Populer