Sukses


Dari Hati Legenda Persib: Pangeran Biru Juara BRI Liga 1, Setor Banyak Pemain ke Timnas Indonesia

Bola.com, Bandung - Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya menjadi saksi kemenangan Pangeran Biru atas Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Sabtu, (20/4/2024).

Dua legenda itu secara khusus diundang Persib untuk menyaksikan langsung pertandingan Persib pada pekan ke-32 BRI Liga 1 2023/2024 ini.

Sobur dan Iwan Sunarya merupakan dua pemain kunci ketika Persib menjuarai Kompetisi Perserikatan 1986 setelah mengalahkan Perseman Manokwari 1-0 pada pertandingan final di Stadion Utama Senayan Jakarta. 

Ketika itu, Sobur mengawal gawang Maung Bandung, sedangkan Iwan Sunarya merupakan gelandang jangkar Persib yang diandalkan saat itu.

Iwan dan Sobur mengaku senang dan merasa terhormat dengan undangan Persib untuk menyaksikan pertandingan langsung di stadion. 

“Saya senang Persib mau mengundang saya, Pak Sobur dan teman-teman yang lain. Ini langkah yang bagus," kata Iwan Sunarya.

"Alhamdulillah, saya merasa bangga dan diapresiasi kembali oleh Persib. Ini langkah yang sangat bagus dari Persib. Sekarang benar-benar mengapresiasi dengan serius para pemainnya di masa lalu. Terima kasih Persib Bandung," timpal Sobur.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Harapan untuk Persib

Pada momen nostalgia tersebut, Sobur dan Iwan berharap Persib yang sudah memastikan diri lolos ke Champions Series dan bisa menjadi juara.

"Ini kesempatan yang paling baik saya kira. Dari beberapa kali penampilan terakhir, hanya sedikit celah yang perlu diperbaiki sebagai catatan pelatih. Dengan penampilan yang konstan, optimisme saya cukup besar Persib bisa jadi juara," kata Sobur.

Hal senada diungkapkan Iwan. Selain penampilan konsisten Persib, Iwan melihat antusiasme dukungan Bobotoh yang sangat besar pun bisa membantu mendongkrak prestasi Persib.

"Luar biasa antusiasme Bobotoh. Dari dulu sampai sekarang, Bobotoh memang seperti itu. Yang penting Persib dapat menampilkan kualitasnya. Kalau saya lihat ini, insya Allah, Persib bisa jadi juara," kata Iwan.

"Dan saya kira ini adalah peluang besar bagi Persib di Indonesia. Tidak hanya Indonesia, tapi level Asia juga," tambah Iwan.

3 dari 4 halaman

Pesan Manajemen untuk Pemain

Sementara itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar berharap kepada David da Silva dkk untuk tetap memperlihatkan permainan yang ciamik seperti saat mengalahkan Persebaya Surabaya.

Umuh Muchtar meminta kepada semua pasukan Bojan Hodak untuk tidak berleha-leha di dua sisa laga Regular Series Liga 1 musim ini walaupun sudah dipastikan lolos ke Championship Series.

“Hasil ini positif dan saya sudah bilang jangan sampai leha-leha, harus tetap memperlihatkan permainan yang bagus,” tegas Umuh Muchtar.

“Apalagi kita punya impian untuk juara bisa terwujud, jadi perlihatkan kepada publik permainan yang bagus,” lanjut Umuh Muchtar.

Umuh mengaku sangat puas melihat permainan Persib hingga bisa mengalahkan tim besutan Paul Munster itu walaupun setengah babak permainan Persib menurutnya tidak bagus.

“Ya, setengah babak saya lihat mainnya tidak begitu bagus, karena terbawa arus oleh Persebaya Surabaya yang bermain bertahan. Tapi Alhamdulillah setelah itu Persib bisa berbuat dan akhirnya bisa menang 3-1,” ujar Umuh.

4 dari 4 halaman

Jangan Cepat Puas

Tak hanya itu, pendiri PT PBB ini pun merasa puas dengan performa lini depan Maung Bandung hingga akhirnya striker andalannya, David da Silva bisa menciptakan hattrick.

“Hattrick dari David da Silva luar biasa, saya puas bisa menang 3-1,” sebut Umuh penuh semangat.

Namun, manajer Persib berusia 75 tahun ini meminta kepada semua pemain Persib untuk tidak puas dulu karena masih ada dua laga di depan yakni lawan Borneo FC dan PSS Sleman.

Umuh pun berjanji akan memberikan bonus yang lebih besar lagi jika pasukan Bojan Hodak mampu mengalahkan pimpinan klasemen Liga 1 musim ini, Borneo FC.

“Lawan Borneo FC itu harus menang dan saya akan kasih bonus luar biasa yang tidak biasa mereka terima kalau menang,” ucap Umuh. 

“Tadi saya sudah janjikan kepada pemain, nanti hari Kamis (lawan Borneo) saya janji kepada kalian memberi bonus besar dan kalian juga harus janji kepada saya bawa Persib menang,” tegas Umuh menambahkan.

“Kalau juara, lain lagi bonusnya, mungkin bisa berlipat seperti apa yang sudah saya kasihkan. Bismillah saja doakan semua untuk kebaikan dan tidak ada masalah lagi di Persib, tetap kondusif,” tutut Umuh sambil mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer