Sukses


Breaking News! Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Selangkah Lagi Bisa Membela Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kiper berusia 25 tahun itu telah dilantik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Selasa (30/4/2024).

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada kangsa dan negara," ujar Kepala Kemenkumham DKI Jakarta, Andika Dwi Prasetya, dinukil dari laman instansi.

Dalam proses pengambilan sumpah sebagai WNI, Maarten Paes yang memakai setelan formal seperti jas, dasi, hingga peci ditemani oleh Direktur Media, Komunikasi, dan Konten PSSI, Eko Rahmawanto.

Maarten Paes tumbuh di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Darah Indonesianya mengalir dari neneknya yang lahir di Pare, sekarang Kediri, Jawa Timur, pada 20 Maret 1940.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Perpindahan Federasi

Status sebagai WNI membuat Maarten Paes selangkah lagi bisa membela Timnas Indonesia meski perpindahan federasinya dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA perlu diperjuangkan PSSI.

Berdasarkan Statuta FIFA yang terbit terakhir pada 2022, Maarten Paes dapat terhambat Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," tulis aturan tersebut.

Maarten Paes pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21.

3 dari 3 halaman

Bermain di MLS

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 ketika berlaga selama 90 menit melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Ketika itu, Maarten Paes yang lahir pada 14 Mei 1998, telah berumur 22 tahun.

Saat ini, Maarten Paes membela FC Dallas di Major League Soccer (MLS) 2024 dengan mencatatkan sembilan penampilan, 12 kebobolan, tiga clean sheet, dan satu kartu kuning.

Video Populer

Foto Populer