Sukses


Komposisi Ideal Barisan Pertahanan Timnas Indonesia untuk Meredam Keganasan Irak: Banyak Pilihan, Jauh Lebih Tenang

Bola.com, Jakarta Dua laga berat menanti Timnas Indonesia. Berat, karena sangat menentukan langkah Indonesia ke putaran final Piala Dunia 2026.

Saat ini, Indonesia yang berada di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina berada di posisi kedua putaran kedua kualifikasi Zona Asia degan torehan tujuh poin. Irak masih memuncaki klasemen, Vietnam di posisi ketiga, sedangkan Filipina di posisi buncit.

Meski berat, peluang Indonesia untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi terbuka lebar asal bisa mengalahkan Irak pada 6 Juni mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Jika kalah, kans tak serta terkubur karena masih ada Filipina yang akan dijadikan pelampiasan pada 11 Juni di tempat yang sama.

Suntikan semangat dari ribuan pendukung setia Timnas Indonesia yang membanjiri Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pastinya menjadi suntikan ekstra semangat bagi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan guna menggebuk Irak dan Filipina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lini Belakang Mantap

Shin Tae-yong terus melakukan persiapan. Pelatih asal Korea Selatan yang baru saja mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar beberapa waktu lalu sudah pula mengingatkan 22 pemain yang dipanggil agar fight dengan segenap hati.

"Saya sudah memberikan pesan kepada semua pemain agar bisa memenangkan dua pertandingan nanti," kata Shin Tae-yong.

Menilik pemain yang dipanggil, semuanya kaya pengalaman dan jam tempur. Hampir di semua lini diisi nama-nama beken. Di bawah mistar ada Ernando Ari dan Adi Satryo. Bek Jordi Amat, Justin Hubner, Jay Idzes, Rizky Ridho, Nathan Tjoe-A-On, serta Pratama Arhan.

3 dari 4 halaman

Antisipasi Keganasan Irak

Di tengah tak kalah kinclong. Ada Thom Haye, Ivar Jenner, pun Marselino Ferdinan. Terakhir, di lini terdepan ditongkrongi Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen.

Khusus di lini belakang, siapa kira-kira yang akan dijadikan starter oleh Shin Tae-yong? Hanya sang pelatih yang bisa menjawab.

Yang pasti, jika Shin Tae-yong menerapkan skema 4-3-3, besar kemungkinan empat bek yang yang jadi andalan adalah Jordi Amat, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, dan Nathan Tjoe-A-On.

Harus diingat, Irak punya sederet penyerang mematikan seperti Bashar Resan, Ali Jasim, Ibrahim Bayesh, dan Ali Al-Hamadi. Keempat pemain ini tampil sangar saat Indonesia kalah 1-5 kala bertandang ke Basra International Stadium pada November 2023.

4 dari 4 halaman

Pengalaman

Untuk mengunci sekaligus mematikan pergerakan keempatnya, Shin Tae-yong butuh pilar-pilar kukuh dan Jordi Amat, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, dan Nathan Tjoe-A-On adalah solusi tepat guna mengamankan kotak penalti Ernando Ari.

Baik Jordi Amat, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, maupun Nathan Tjoe-A-On merupakan bek modern yang tak hanya tangguh bertahan tapi juga punya naluri tinggi untuk melakukan gempuran terlebih saat melancarkan serangan balik kilat.

Pengalaman serta jam terbang keempatnya di kompetisi luar negeri juga membuat mereka sudah terbiasa bertarung melawan ragam karakter striker lawan.

Jika sekiranya dari keempatnya ada yang cedera atau terkena kartu merah, Shin Tae-yong masih punya stok bek yang tak kalah jos yakni Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Yance Sayuri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer