Sukses


Jelang Piala AFF U-16 2024: 2 Pemain Diaspora Gabung TC Timnas Indonesia U-16 di Solo Awal Juni

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-16 kedatangan dua pemain diaspora lagi. Kedua pemain tersebut akan bergabung dalam pemusatan latihan atau training center (TC) di Solo, Jawa Tengah.

Bergabungnya dua pemain tersebut diungkapkan pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. Juru taktik berusia 44 tahun itu mengatakan, sang pemain bakal terbang ke Tanah Air pada awal Juni mendatang.

"Yang saat ini masih bergabung ada dua pemain diaspora, Diego Sinathrya dan Matthew Kohnke. Sedangkan dua lagi akan menyusul yakni Lucas Raphael Lee serta Matthew Sitorus Baker di tanggal 3 dan 6 Juni," ujar Nova Arianto kepada Bola.com, Minggu (26/5/2024).

Sebelumnya, pada awal Mei 2024, ada enam pemain diaspora yang dipanggil TC. Mereka adalah Diego Sinathrya, Lucas Raphael Lee, Matthew Sitorus Baker, Ocean Erwin Lim, Eizar Tanjung, dan Miroslav Momor. Namun, tiga nama terakhir gagal lolos seleksi.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Program Khusus

Nova Arianto menuturkan, para pemain diaspora dalam kondisi yang bagus. Termasuk, dua pemain yang baru akan bergabung pekan depan juga tidak ada masalah. Sebab, mereka sudah diberi program latihan khusus agar fisiknya tetap terjaga.

"Kondisi pemain diaspora sangat baik, termasuk Baker dan Lucas Lee. Kami memberikan program khusus kepada mereka agar secara fisik tidak terlalu jauh dengan pemain yang ada," kata Nova Arianto.

"Sehingga saat mereka gabung bersama tim, kondisi fisiknya sudah sama. Tinggal mengenalkan apa yang sebenarnya saya mau," sambung mantan pemain Persib Bandung tersebut.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Peta Persaingan

Ditanya soal peta persaingan di ajang dua tahunan tersebut, Nova Arianto berujar, lawan-lawan yang akan dihadapi tidak jauh berbeda. Apalagi, di level kelompok usia.

"Persaingan di Asia Tenggara sama saja ya. Kami ketemu paling kuat ya masih Vietnam dan Thailand karena lawannya enggak jauh dari itu. Jadi kami persiapkan saja lawan mereka," paparnya.

Meski tidak ada target khusus dari PSSI, juru taktik kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu tetap berambisi memberikan yang terbaik buat Garuda Muda.

"Target dari PSSI enggak ada karena Piala AFF U-16 sebagai ajang uji coba bagi kami bisa siap menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 nanti di bulan Oktober," ungkap Nova Arianto.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 tidak lama lagi berlaga di Piala AFF U-16 2024. Turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu berlangsung di Solo, Jawa Tengah mulai 24 Juni-4 Juli mendatang.

Selama TC di Yogyakarta, Garuda Muda berlatih di dua lokasi berbeda: Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS), Sleman dan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Latihan digelar dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

Tidak hanya menggeber latihan, mereka juga menggelar rangkaian uji coba. Pekan lalu, Timnas Indonesia U-16 melakoni latih tanding melawan akademi Cilo Sportivo Magelang.

Kemudian pada Sabtu (25/5/2024) pagi WIB, Garuda Muda menjajal kekuatan PSS Sleman U-16 di Lapangan YIS, dan berhasil meraih kemenangan 5-1. Setelah ini, giliran SSB Terang Bangsa yang akan menjadi lawan mereka.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer