Sukses


Kiper PSS Bicara Setelah Comeback ke Timnas Filipina: Kans Sulit, Laga Penentu Bertemu Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta Timnas Filipina telah merilis daftar 28 pemain untuk menghadapi lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kiper PSS Sleman, Anthony Pinthus menjadi satu di antara nama yang dipanggil pelatih Tom Saintfiet.

Tim berjulukan The Azkals itu menyisakan dua pertandingan lagi di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka bakal bersua Timnas Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, 6 Juni 2024.

Setelah itu, Timnas Filipina berhadapan dengan Timnas Indonesia. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (11/6/2024).

Anthony Pinthus memberikan komentarnya terkait pertandingan melawan Timnas Indonesia. Penjaga gawang berdarah Swiss itu mengaku tidak sabar kembali ke Tanah Air.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menyenangkan Bisa Kembali ke Indonesia

Menurut Anthony Pinthus duel kontra Tim Garuda akan menjadi laga yang menarik. Apalagi, setelah setahun berkarier di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, banyak rekan pemain yang ia kenal dan masuk skuad Tim Merah-Putih.

"Bagi saya menghadapi Indonesia adalah hal yang sempurna. Apa yang saya inginkan lagi tentu saya ingin bermain melawan Indonesia. Jelas itu akan menjadi puncak yang sempurna," ujarnya kepada Bola.com, Senin (27/5/2024).

"Sungguh luar biasa kami bermain di Indonesia dan sangat menyenangkan bisa kembali ke Indonesia. Saya tidak sabar untuk bertemu beberapa pemain dari Indonesia karena kami saling mengenal," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Akhirnya Kembali ke Skuad

Yang pasti, kiper berusia 26 tahun itu sangat senang akhirnya bisa kembali memperkuat Timnas Filipina. Kali terakhir Pinthus membela The Azkals yaitu di Piala AFF 2022 pada Januari 2023.

Menariknya, ketika itu Timnas Indonesia menjadi lawan terakhir yang dihadapi penjaga gawang kelahiran 4 April 1998 itu. Anthony Pinthus bermain penuh dalam laga yang berakhir untuk kemenangan Garuda dengan skor 2-1 tersebut.

"Tentu saja saya senang dipanggil tim nasional. Saya akhirnya kembali dan saya bangga berada di skuad. Tapi pertama-tama, saya ada di sini untuk tim ketika mereka membutuhkan saya," katanya.

"Saya tahu peran saya dalam skuad. Kapten kami Neil Etheridge adalah orang nomor satu. Itu sudah jelas. Jadi saya hanya berusaha membantu tim dan mendukung tim sebanyak yang saya bisa," tambah Pinthus.

4 dari 4 halaman

Cukup Sulit

Saat ini, Timnas Filipina berada di dasar Grup F dengan koleksi satu poin. Mereka meraih sekali imbang dan tiga kekalahan. Satu-satunya hasil seri tersebut didapat ketika bermain sama kuat 1-1 kontra Timnas Indonesia, 21 November 2023.

Soal kans lolos ke fase berikutnya, Anthony Pinthus menyebut butuh kerja keras untuk bisa mewujudkan terget tersebut. Dua laga away yang bakal dihadapi di markas lawan jelas bukan pekerjaan mudah bagi skuad The Azkals.

"Dan jika kami lolos ke babak selanjutnya, ya itu tugas yang sangat sulit dan jelas kami melihat tabel klasemennya. Memang tidak brilian, tapi semuanya serba baru di tim nasional," ucapnya.

"Kami punya banyak pemain baru, generasi muda. Generasi baru yang saya maksud. Ini adalah sebuah progres dan langkah demi langkah, pertandingan demi pertandingan akan kita lihat kedepannya," pungkas Anthony Pinthus.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer