Sukses


2 Pemain dengan Taksiran Nilai Pasar Termahal Duel Timnas Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meladeni perlawanan Timnas Irak dalam matchday kelima putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kedua tim bakal bersua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Tim berjulukan Garuda itu kini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi tujuh poin dari empat laga yang dijalani. Sementara Timnas Irak bertengger di peringkat pertama dengan nilai 12.

Pada pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak di partai pembuka babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saat itu, Tim Garuda keok dengan skor telak 1-5 di Basra Internastional Stadium, Irak (16/11/2023).

Duel kedua tim diprediksi berjalan sengit dan menarik. Dari sisi komposisi skuad, Timnas Indonesia dan Irak sama-sama diperkuat banyak pemain yang berkiprah di luar negeri alias abroad.

Dikutip dari Transfermarkt, market value skuad Garuda saat ini mencapai Rp274,20 miliar. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang Timnas Irak yang hanya senilai Rp160,78 miliar.

Ada dua pemain dari masing-masing kubu yang tercatat punya nilai pasar paling mahal. Siapa saja? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Thom Haye (52,14 M)

Thom Haye menjadi pemain Timnas Indonesia termahal saat ini. Gelandang berdarah Belanda itu memiliki market value senilai Rp52,14 miliar. Haye unggul jauh dari penggawa Garuda lainnya.

Pemain berusia 29 tahun itu berstatus bebas transfer pada musim panas 2024. Kontraknya bersama SC Heerenveen habis per Juni 2024.

Gelandang kelahiran 9 Februari 1995 itu jadi salah satu pemain kunci SC Heerenveen di Eredivisie pada musim 2023/2024. Dia merupakan sosok sentral di lini tengah De Superfriezen. Thom Haye bermain 31 kali dengan 29 di antaranya sebagai starter.

Haye resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 18 Maret 2024. Dia kemudian menjalani debut membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tepatnya ketika Garuda bersua Vietnam dalam partai keempat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi (26/3/2024).

 

3 dari 3 halaman

Zidane Iqbal (17,38 M)

Sementara itu, posisi pertama pemain termahal di skuad Timnas Irak ditempati oleh Zidane Iqbal. Pemain berusia 21 tahun itu mempunyai banderol sebesar Rp17,82 miliar.

Taksiran harga pasar itu cukup layak bagi mantan pemain Manchester United tersebut. Sejauh ini, Zidane Iqbal tampil cukup baik di level klub dan mulai jadi andalan Singa Mesopotamia.

Gelandang kelahiran 27 April 2003 itu kini bermain untuk FC Utrecht yang berkompetisi di Eredivisie Belanda. Pada musim ini, Zidane Iqbal tampil sebanyak 17 pertandingan. Di usia yang masih terbilang muda, dia sudah mendapat kepercayaan pelatih Ron Jans.

Zidane Iqbal memulai debutnya bersama Timnas Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sejauh ini, Zidane sudah membukukan 10 caps di tim senior. Mencetak satu gol dan secara keseluruhan mencatat 498 menit bermain.

Video Populer

Foto Populer