Sukses


3 Magis Timnas Indonesia saat Melumat Filipina dan Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Prof Toha Istimewa!

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat kemenangan 2-0 saat menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F. Sebenarnya masih ada satu laga tersisa, yakni Vietnam kontra Irak yang digelar pada Rabu (12/6/2024) dinihari WIB.

Posisi Garuda tidak tergoyahkan di runner-up Grup F dengan 10 poin. Irak sendiri sudah pasti jadi juara Grup F. Sedangkan Vietnam baru mengemas enam poin dalam lima laga. Kalaupun mengalahkan Irak, Vietnam hanya akan mengemas sembilan poin saja.

Timnas Indonesia pun sudah memastikan satu tempat di Piala Asia 2027 yang akan digelar di Arab Saudi. Sedangkan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang.

Ini merupakan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Sebab, skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Untuk saat ini, belum diketahui kapan undian pembagian grup akan dilakukan.

Terlepas dari itu, Bola.com telah merangkum tiga kunci sukses Timnas Indonesia mengalahkan Filipina dalam pertandingan penting ini. Simak ulasannya berikut:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertahanan Solid

Komposisi tiga bek Timnas Indonesia diisi oleh Rizky Ridho, Justin Hubner, dan Jay Idzes sejak menit pertama. Tiga pemain belakang ini semakin kompak dan padu memperlihatkan penampilan sangat solid menjaga pertahanan.

Menariknya, ketiga nama itu terhitung masih muda, hanya Jay Idzes saja yang terhitung sudah berusia 24 tahun. Ridho dan Hubner terlihat sudah padu sejak membawa Timnas Indonesia U-23 meraih peringkat keempat Piala Asia U-23 2024.

Tiga bek itu juga tampil penuh dan tidak diganti oleh pelatih Shin Tae-yong. Itu ditambah dengan performa Ernando yang mendapat dukungan penuh dari trio pemain belakang yang sigap menghalau serangan lawan.

3 dari 4 halaman

Alternatif Serangan

Skema 3-4-3 membuat Shin Tae-yong menempatkan tiga pemain di lini depan. Mereka adalah Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen, dan Marselino Ferdinan. Ketiganya tampil cukup apik dalam melakukan serangan.

Namun, Shin Tae-yong memasang taktik membuat lini kedua juga bergerak menjadi alternatif serangan. Dua gelandang Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On tampil mengesankan melahirkan kejutan untuk pertahanan Filipina.

Haye sukses mencetak gol, sedangkan Nathan membukukan assist. Itu juga masih dibantu oleh Calvin Verdonk yang kerap melakukan overlap membantu serangan dari sisi sayap kiri.

4 dari 4 halaman

Thom Haye Gacor

Gelandang berjulukan The Profesor itu tampil sangat apik di pertandingan ini. Thom Haye sendiri mampu tampil penuh selama 90 menit dalam pertandingan ini.

Dia bahkan mencetak gol pertama lewat sepakan kerasnya yang gagal diantisipasi oleh kiper Kevin Ray Mendoza di menit ke-32. Thom Haye menjadi sentral permainan yang membuat Timnas Indonesia lebih agresif.

Thom Haye layak meraih predikat man of the match dalam pertandingan. Dia adalah motor serangan Timnas Indonesia yang tampil cemerlang meraih kemenangan dua gol tanpa balas.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer