Sukses


Pemain Naturalisasi Beri Dampak Positif untuk Timnas Indonesia: Harus Lebih Hati-hati pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026!

Bola.com, Jakarta - Para pemain naturalisasi Timnas Indonesia mampu memberikan dampak positif saat menumbangkan perlawanan Filipina pada laga pamungkas Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024) malam WIB itu, sejumlah pemain naturalisasi Timnas Indonesia memang sukses tampil menonjol.

Thom Haye, misalnya, sukses melepaskan tendangan jarak jauh terukur yang menjebol gawang Kevin Ray Mendoza pada menit ke-32. Sepakan indah ini sekaligus menjadi gol yang membuka keunggulan skuad Garuda.

Selain itu, ada Nathan Tjoe-A-On yang menghasilkan dua assist untuk gol Thom Haye. Satu assist lagi diciptakan pemain berusia 22 tahun itu ketika eksekusi bola matinya ditanduk Rizky Ridho pada menit ke-56.

Nama-nama lain seperti Jay Idzes, Justin Hubner, Calvin Verdonk, hingga Ragnar Oratmangoen juga tak luput dari pujian. Mereka mampu memberikan dampak positif saat mendapat kesempatan turun sebagai starter.

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Dampak Positif

Pengamat sepak bola Indonesia, Aris Budi Sulistyo, tak menampik jika hadirnya para pemain keturunan ini sangat berdampak pada permainan Timnas Indonesia saat menumbangkan Filipina.

“Kalau melihat kinerja dari para pemain naturalisasi, saya rasa sudah sangat bagus. Mereka sangat menunjang permainan Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina,” kata Aris Budi kepada Bola.com, Selasa (12/6/2024).

Menurut mantan pelatih Persik Kediri itu, para pemain keturunan ini bisa bermain enjoy. Itu tak terlepas dari kualitasnya yang masih berada jauh di atas para pemain keturunan milik skuad The Azkals.

“Para pemain naturalisasi ini bisa memberikan dampak luar biasa bagi permainan Timnas Indonesia. Mereka juga terlihat bermain terlalu yakin dan enjoy,” ujar Aris Budi.

“Makanya, ritme permainannya masih terlihat pelan. Sebab, menurut para pemain naturalisasi ini, para pemain lawan kelasnya masih di bawah mereka. Hal ini memang wajar,” dia menambahkan.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Harus Mulai Berhitung

Para pemain keturunan ini, kata Aris Budi, harus mulai mengukur calon kekuatan lawan yang dihadapi pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, di babak ini, ada banyak negara elite yang berpotensi jadi lawan skuad Garuda.

“Semoga saja, saat sudah memasuki fase selanjutnya, yakni Putaran Ketiga, pemain-pemain kita sudah mulai berhitung karena lawan-lawan yang dihadapi semakin berat,” ujar lelaki asal Karanganyar itu.

“Apalagi, para pemain yang bakal dihadapi Timnas Indonesia pada Putaran Ketiga ini adalah mereka yang sudah banyak berkompetisi di Eropa. Sehingga, kualitasnya di atas kita. Saya yakin ada perbedaan itu nantinya,” imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer