Sukses


Bersiap Timnas Indonesia! Inilah Sub-Konfederasi yang Dominan Ada di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Bola.com, Kediri - Ada 18 tim yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dari 18 negara yang lolos, Sub-Konfederasi mana paling banyak dan mendominasi babak tersebut?

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) memiliki lima Sub-Konfederasi yang tersebar sesuai wilayah di Benua Asia. Kelimanya diabadikan secara simbolik dengan bunga Teratai di trofi Piala Asia.

Kelima Sub-Konfederasi itu antara lain WAFF di Asia Barat yang beranggotakan 12 negara seperti Arab Saudi, Irak, Yordania, Bahrain, Kuwait, Lebanon, Palestina, Oman, Qatar, Suriah, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Berikutnya ada EAFF di Asia Timur yang terdiri dari 10 negara ras berkulit kuning, seperti Jepang, Korsel, Korut, China, Hongkong, China Taipei, Guam, Mongolia, Macau, dan Kepulauan Mariana Utara.

Disusul tujuh negara Asia Selatan yang tergabung dalam SAFF, yang berisi India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Bhutan, Maladewa, dan Sri Lanka.

Iran yang sebelumnya tergabung dengan WAFF keluar dan membentuk Sub-Konfederasi Asia Tengah yaitu CAFA dengan hanya beranggotakan enam negara, termasuk beberapa pecahan Uni Soviet, yaitu Afghanistan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Sementara Sub-Konfederasi terakhir adalah dari Asia Tenggara atau AFF yang dihuni 11 negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Australia. Meskipun dua negara terakhir tak termasuk anggota organisasi ASEAN.

Lalu sub-konfederasi mana yang paling dominan akan ada di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sebaran Tim Peserta Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 12 anggota WAFF bertarung di babak ini. Sehingga wilayah ini pun paling banyak wakilnya lolos ke babak ketiga. Mereka antara lain, Arab Saudi, Irak, Yordania, Bahrain, Kuwait, Palestina, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Jumlah sembilan duta WAFF ini wajar. Dengan dukungan kemakmuran dan keuangan melimpah, maka sepak bola Sub-Konfederasi ini mengalami kemajuan sangat pesat.

Berikutnya EAFF berada di urutan kedua. Ada empat negara kuat dari Ras Kuning, yakni Korsel, Jepang, China, dan Korut yang melanjutkan kiprahnya ke fase ketiga. Selama ini, Korsel dan Jepang adalah kekuatan terbaik di Asia.

Sub-Konfederasi Asia Tengah (CAFA) yang berumur paling muda patut berbangga dengan mengirimkan tiga wakilnya yaitu Iran, Kirgiztan, dan Uzbekistan. Sementara Afganistan, Tajikistan, dan Turkmenistan telah rontok di babak kedua.

AFF juga tetap harus menegakkan kepalanya dengan lolosnya Indonesia dan Australia ke fase ketiga. Meskipun Thailand, Singapura, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Vietnam belum beruntung di putaran kedua lalu.

Dari antara kelima Sub-Konfederasi AFC, Asia Selatan (SAFF) paling ngenes, karena tak ada satu pun wakilnya yang mampu menembus babak ketiga. Mereka jadi pupuk bawang dan lumbung gol bagi lawan.

Nepal, Pakistan, dan Bangladesh menjadi jurukunci di grup masing-masing. Nepal dan Bangladesh kompak kebobolan 20 gol dan Pakistan sebanyak 26 bola.

Hanya India yang agak beruntung berada di urutan ketiga Grup A. Sebenarnya Negeri Mahatma Gandhi ini berpeluang lolos ke putaran ketiga, jika tidak dikerjai wasit saat kalah dari Qatar dengan 1-2 pada laga terakhir penyisihan grup, 11 Juni lalu.

 

 
3 dari 3 halaman

18 Tim di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

WAFF: Arab Saudi, Irak, Yordania, Bahrain, Kuwait, Palestina, Oman, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

EAFF: Korea Selatan, Jepang, China, dan Korea Utara

CAFA: Iran, Kirgiztan, dan Uzbekistan

AFF: Indonesia dan Australia

SAFF: -

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer