Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Terancam Jika Ada Naturalisasi Baru di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki sebanyak 11 pemain naturalisasi dalam dua pertandingan terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jumlah itu masih akan bertambah memasuki putaran ketiga nanti.

Timnas Indonesia sukses menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup F yang jadi tiket putaran final Piala Asia 2027. Selain itu, hasil itu juga membuat Garuda lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang.

Ini merupakan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Sebab, skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Undian pembagian grup babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 27 Juni 2024.

Nah, ada sejumlah pemain naturalisasi yang belum mendapatkan kesempatan main bersama Timnas Indonesia. Sebut saja kiper Maarten Paes yang sejauh ini masih berkiprah bersama FC Dallas di Major League Soccer, Amerika Serikat.

Lalu, muncul pula nama Darmian van Dijk, bek SC Telstar, yang dikabarkan ingin menjadi WNI. Masih ada pula penyerang muda Jens Ravens yang masih membela Timnas Indonesia U-19.

Keberadaan pemain naturalisasi itu akan berpengaruh kepada pemain yang sudah membela Timnas IndonesiaBola.com telah merangkum tiga pemain yang berpotensi terancam kehilangan tempat di skuad Garuda. Simak ulasannya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Adi Satryo

Kiper milik PSIS Semarang ini sebenarnya secara reguler mendapat panggilan Timnas Indonesia. Namun, dia masih minim kesempatan main dengan baru membukukan empat pertandingan internasional saja.

Selama ini, Adi Satryo kalah bersaing dengan Ernando Ari yang jauh lebih dipercaya oleh Shin Tae-yong. Bahkan, Ernando punya jadwal sibuk sempat membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

Maarten Paes berpotensi bisa dimainkan dalam putaran ketiga pada September 2024 nanti. Hal ini membuat komposisi kiper kemungkinan berubah dan Adi Satryo yang kemungkinan tidak mendapat panggilan lagi.

 

3 dari 4 halaman

Muhammad Ferarri

Sama seperti Adi Satryo, Muhammad Ferarri juga rutin mendapat panggilan Timnas Indonesia. Namun, dia selalu duduk manis menjadi penghangat bangku cadangan dalam tiga pertandingan terakhir melawan Vietnam, Irak, dan Filipina.

Ferarri kemungkinan kesulitan bersaing dengan bek-bek yang jauh lebih berpengalaman macam Jay Idzes, Justin Hubner, hingga Jordi Amat. Hal itu berbeda dengan Rizky Ridho yang justru semakin membaur dengan permainan tim.

Ditambah, akan ada Damian van Dijk yang berposisi sebagai bek kanan atau bek tengah. Jika sudah menjadi WNI dan mendapat panggilan, Van Dijk kemungkinan akan menggeser tempat yang kini dihuni Ferarri.

 

4 dari 4 halaman

Dimas Drajad

Nasib Dimas Drajad segendang sepenarian dengan dua nama di atas. Dia selalu masuk skuad Garuda di beberapa kesempatan terakhir, tapi lebih banyak jadi pemain cadangan. Dia tercatat hanya tampil tujuh menit saat menang 2-0 melawan Filipina (11/6/2024).

Dengan peluangnya mendapat menit bermain menipis, kemungkinan Dimas Drajad terancam tidak mendapat panggilan lagi. Dan Jens Raven yang berpotensi dicoba untuk mengisi lini depan Timnas Indonesia.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer