Sukses


Rumor Shin Tae-yong Jadi Calon Pelatih Korea Selatan, PSSI: KFA Belum Resmi Bilang Tertarik

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, buka suara terkait rumor pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi kandidat nakhoda Timnas Korea Selatan.

Arya belum mendengar ketertarikan dari Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) yang sedang mencari pelatih tetap, kepada Shin Tae-yong.

Korea Selatan belum mempunyai nakhoda permanen setelah memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024. Son Heung-min dkk. masih ditangani Kim Do-hoon selaku caretaker.

Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia akan berakhir pada 30 Juni 2024. Arsitek berusia 53 tahun itu tidak kunjung memperpanjang kontraknya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jawaban PSSI

"Tolong tidak usah banyak ini itu," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga dalam diskusi APPI dengan PSSI Pers di GBK Arena, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

"Dari KFA juga belum ada resmi mengatakan kalau mereka tertarik dengan Shin Tae-yong, belum ada. Ini terlalu banyak isu. Shin Tae-yong lagi sakit," ungkapnya.

Saat ini, Shin Tae-yong sedang berada di kampung halamannya, Korea Selatan, sejak 14 Juni 2024. PSSI mengabarkan arsitek asal Korea Selatan itu tengah sakit.

3 dari 4 halaman

Panaskan Rumor

Sebelumnya, media Korea Selatan, Best Eleven, memanaskan rumor Shin Tae-yong dapat menjadi calon pelatih Timnas Korea Selatan setelah tidak kunjung menandatangani kontrak baru bersama Timnas Indonesia.

Best Eleven menurunkan artikel berjudul "Tajuk Sepak Bola Kim Tae-sok, Nama yang Jarang Disebut untuk Calon Pelatih Tim Nasional Berikutnya, Siapa pun yang Dipilih Akan Mendapat Perhatian Besar" pada Kamis (20/6/2024).

Kolom yang dibuat oleh Kim Tae-sok selaku jurnalis Best Eleven itu membahas tentang garis besar pelatih Korea Selatan selanjutnya setelah KFA memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024.

4 dari 4 halaman

Ulasan Media Korea Selatan

"Pada Mei 2024, seorang pelatih Liga Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya juga mengungkapkan pendapat pribadi bahwa jika sulit untuk memilih pelatih asing dan pelatih Korea Selatan di K-League tidak bisa dipilih, pilihan yang paling masuk akal adalah pelatih Shin Tae-yong," imbuh Kim Tae-sok.

"Meskipun dia menambahkan bahwa ada isu perpanjangan kontrak dengan Timnas Indonesia, di dunia sepak bola, semua kemungkinan tetap terbuka hingga kontrak ditandatangani, sehingga pandangannya cukup masuk akal."

"Jika perpanjangan kontrak tidak terjadi, kontrak pelatih Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia akan berakhir bulan ini, memberikan lebih banyak pilihan bagi pelatih Shin," tutur Kim Tae-sok.

Video Populer

Foto Populer