Sukses


5 Pemain Naturalisasi yang Kinclong di Timnas Indonesia dan Klub: Dari Cristian Gonzales, sampai Bang Jay

Bola.com, Jakarta - Puluhan pemain telah menjalani proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Namun, hanya segelitir yang bisa berkarier kinclong di level timnas dan klub.

Cristian Gonzales menjadi satu di antaranya. Transfermarkt mencatat, Cristian Gonzales telah bermain 32 kali untuk Timnas Indonesia sejak debutnya pada 2010. Pemain yang telah pensiun itu mencetak 13 gol untuk Skuad Garuda.

Statistik itu membuat pemain yang dijuluki El Loco tersebut layak dinobatkan sebagai penyerang naturalisasi terbaik Timnas Indonesia hingga saat ini.

Kata Data mencatat bahwa Cristiano Gonzales adalah pencetak gol terbanyak Liga Indonesia dengan 249 gol. El Loco juga memenangkan Liga Indonesia bersama Persik Kediri pada 2006.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Alberto Goncalves

Timnas Indonesia pernah merasakan ketajaman Alberto Goncalves pada 2018-2019. Bomber kelahiran Brasil ini berhasil mengukir sepuluh gol dari 12 penampilannya bersama Skuad Garuda.

Namun, ketika debut bersama Timnas Indonesia, pemain yang karib dipanggil Beto itu sudah uzur. Ketika itu, usianya telah menginjak 37 tahun.

Sampai sekarang saat umurnya 43 tahun, Beto masih aktif bermain dengan membela PSBS Biak pada musim lalu.

Beto membukukan 149 gol sepanjang Liga Indonesia, menurut Kata Data. Penyerang naturalisasi ini menjadi juara Indonesia Super League (ISL) pada 2008/2009 dengan Sriwijaya FC.

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Marc Klok

Marc Klok sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak November 2020. Namun, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, itu baru bisa membela Timnas Indonesia pada Juni 2022.

Sejak saat itu, Marc Klok sudah 19 kali bermain untuk Timnas Indonesia. Gelandang asal Persib Bandung ini membukukan empat gol dan satu assist.

Berkarier di Indonesia mulai 2017, Marc Klok sudah mempunyai dua gelar bergengsi. Dia meraih Piala Indonesia 2018/2019 bersama PSM Makassar dan BRI Liga 1 2023/2024 dengan Persib Bandung.

 

 

4 dari 5 halaman

Jay Idzes

Jay Idzes baru dinaturalisasi pada Maret 2024. Namun, bek berusia 24 tahun itu telah berhasil merebut hati suporter Timnas Indonesia dan menunjukkan kualitasnya.

Sejak saat itu, Jay Idzes telah tiga kali bermain untuk Timnas Indonesia. Tiga-tiganya sebagai starter. Idzes mencatatkan satu gol dan satu kartu kuning.

Bersama Venezia pada musim lalu, Jay Idzes tampil 30 kali dengan tiga gol dan empat kartu kuning pada musim lalu. Dia juga membawa tim berjulukan I Leoni alati itu promosi ke Serie A.

5 dari 5 halaman

Thom Haye

Sama seperti Jay Idzes, Thom Haye juga baru menjadi WNI pada Maret 2024. Gelandang kelahiran Amsterdam, Belanda, itu tiga kali berlaga untuk Timnas Indonesia.

Thom Haye juga telah mencetak satu gol dan satu assist di Timnas Indonesia. Dia menjelma menjadi motor serangan tim berjulukan Skuad Garuda itu lewat umpan-umpannya yang visioner.

Thom Haye adalah pemain berpengalaman di Eredivisie. Pesepak bola yang pada musim lalu memperkuat Heerenveen itu mrangkum 207 penampilan, 12 gol, dan 20 assist di kasta teratas Liga Belanda.

Video Populer

Foto Populer