Sukses


Kualifikasi Piala Dunia 2026: Media Jepang Kagumi Perkembangan Timnas Indonesia, Justin Hubner Disebut-sebut

Bola.com, Jakarta Undian putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 telah selesai digelar, Kamis (27/6/2024) siang. Hasilnya, Timnas Indonesia masuk Grup C yang tergolong berat bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Dari enam kontestan itu, hanya Bahrain yang belum pernah lolos Piala Dunia. Timnas Indonesia tercatat pernah tampil putaran final Piala Dunia 1938, tapi itu masih menggunakan nama Hindia Belanda.

Jepang, Australia, dan Arab Saudi, merupakan tim kuat Asia yang sudah terbiasa masuk Piala Dunia. Mereka tentu akan jadi pesaing berat dalam pertarungan di Grup C ini.

Media Jepang, Sportbull.jp, menulis ulasan khusus mengenai persaingan Grup C ini yang juga berisikan Timnas Indonesia.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertemuan di Piala Asia

Mereka menyebut sebelumnya Timnas Jepang sudah mengalahkan Garuda dengan skor 3-1 dalam fase grup Piala Asia 2023 pada 24 Januari 2024. Kendati demikian, Sportbull.jp mengingatkan bahwa Timnas Indonesia memiliki potensi.

“Tim ini merupakan salah satu tim muda terbaik di turnamen, dipimpin oleh pelatih Shin Tae-yong, yang juga pernah menjabat sebagai pelatih tim nasional Korea Selatan,” tulis Sportbull.jp.

“Dengan banyak pemain berusia awal 20-an, dan beberapa pemain, seperti bek Hubner dari Cerezo Osaka, juga bermain untuk timnas U-23.”

3 dari 4 halaman

No 1 Asia Vs..

Kekuatan Timnas Jepang tentu saja jauh di atas Timnas Indonesia. Jepang kini menduduki peringkat ke-17 FIFA atau jadi yang tertinggi di Asia. Bandingkan saja dengan skuad Garuda yang ada di posisi ke-134.

Jepang juga tercatat sebagai tim dengan trofi Piala Asia terbanyak, tepatnya menjuarai empat kali pada 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Di Piala Dunia, Tim Samurai tercatat sudah berpartisipasi dalam tujuh edisi. Semuanya terjadi secara beruntun dan tidak pernah absen sejak Piala Dunia 1998 hingga terakhi 2022.

4 dari 4 halaman

Langganan Piala Dunia

Fakta itu cukup menggambarkan bahwa Jepang merupakan kekuatan yang tentu sangat dominan di Asia. Meski begitu, media Jepang tetap menyoroti potensi Timnas Indonesia yang juga berambisi lolos ke Piala Dunia 2026.

“Tim ini berambisi  untuk berpartisipasi di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak penampilan pertamanya pada tahun 1938 (kalah di babak pertama), dan momentum pemain muda yang kemungkinan besar akan menjadi ancaman,” tulis Sportsbull.jp.

Selain Jepang, tim-tim lain juga perlu mendapat perhatian khusus. Sebut saja Australia yang langganan jadi peserta Piala Dunia. Lalu, Arab Saudi juga sedang membangun tim di bawah arahan pelatih Roberto Mancini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer