Sukses


Shin Tae-yong Tambah Pengabdian 3 Tahun, Timnas Indonesia Diminta Harus Lebih Berprestasi

Bola.com, Jakarta - PSSI resmi memperpanjang kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu masih akan menangani skuad Garuda hingga 2027.

Ini tentu menjadi kabar bahagia bagi pecinta sepak bola Indonesia yang menginginkan Shin Tae-yong tetap menangani Timnas Indonesia. Apalagi, belakangan Shin diisukan bakal kembali melatih Korea Selatan.

Federasi sepak bola Indonesia alias PSSI memberikan durasi kontrak kepada Shin Tae-yong selama tiga tahun, setelah didatangkan pada 28 Desember 2019 silam. Ketika itu, Shin menggantikan Simon McMenemy.

Shin Tae-yong sudah memimpin Timnas Indonesia dalam 54 pertandingan. Perinciannya meraih 24 kemenangan, 10 seri, dan 13 kekalahan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bawa Dampak Positif

Kini lebih dari empat tahun Shin Tae-yong menakhodai Timnas Indonesia. Meski belum berhasil mempersembahkan trofi, pelatih berusia 53 tahun itu membawa banyak perubahan positif bagi skuad Garuda.

Selain mendongkrak posisi Tim Indonesia dalam ranking FIFA, Shin Tae-yong juga berhasil mengantarkan Garuda lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 untuk kali pertama. Juga belum lama ini membawa Jordi Amat dkk. melenggang ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo memberikan komentarnya perihal perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Mantan pelatih Persik Kediri itu tak menyangsikan kapasitas Shin sebagai pelatih jempolan.

3 dari 5 halaman

Bukan Lagi Coba-Coba

Namun, untuk periode tiga tahun ke depan, sosok berusia 54 tahun itu berharap Shin Tae-yong bisa mempersembahkan gelar buat Tim Merah-Putih. Menurutnya, sekarang bukan lagi jadi ajang coba-coba dan PSSI harus memberikan target tinggi buat pelatih kelahiran Yeong-deok-gun, Korea Selatan itu.

"Sekarang sudah bukan lagi Shin Tae-yong dikatakan sebagai pelatih yang mencoba-coba karena kemarin hampir empat tahun beliau mengenal karakter pemain Indonesia dan sekarang ditambah lagi untuk tiga tahun ke depan berarti sudah punya target dan ini sudah harus diberikan satu target," ujar Aris Budi kepada Bola.com, Sabtu (29/6/2024).

"Tidak seperti kemarin seumpama tim senior di Piala Asia hanya sampai segini, U-20 hanya sampai segini, tidak. Karena untuk Piala Asia tahun 2027 pemain yang ada sekarang seperti Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On Rizky Ridho dan lain-lain itu sudah menjadi pemain katakanlah usianya dewasa dan matang," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Tingkatkan Lagi

Yang pasti, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu mendoakan Timnas Indonesia lebih berpestasi dan maju di era Shin Tae-yong. Dengan skuad yang dimiliki saat ini, lanjut Aris, impian untuk bisa membawa pulang trofi ke Tanah Air seharusnya bisa segera terwujud.

"Kemarin di level U-23 kita bisa berbicara di semifinal Piala Asia 2024 berarti besok di tim senior kita prestasinya sudah selevel dengan yang U-23 dan para pemain usianya mungkin sudah ada di 25 tahun," ujar Aris Budi Sulistyo.

"Itu memang bagus tetapi kembali lagi mengingat hampir tujuh tahun, berarti harus sudah memberikan prestasi yang lebih jangan seperti kemarin.

Karena pemain yang direkomendasikan Shin Tae-yong itu pemain muda naturalisasi dan mereka sudah menjadi pemain-pemain senior serta sudah teruji di kompetisi Eropa yang kelasnya lebih baik. Semoga kedepannya sepak bola Indonesia lebih maju di era Shin Tae-yong," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer