Sukses


Preview Swansea vs MU: Ujian Bagi Rooney dan Van Gaal

Bola.com, Swansea - Bermodal catatan tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir Premier League membuat Manchester United diunggulkan memetik kemenangan saat bertandang ke markas Swansea City di Stadion Liberty, Minggu (30/8/2015) malam WIB.

Namun, bukan berarti Setan Merah tanpa cacat. Pasalnya Wayne Rooney Cs. hanya mampu mencetak dua gol dari tiga pertandingan. Berbanding terbalik dengan The Swans yang mampu mengemas lima gol dari tiga pertandingan.

Rooney yang musim ini mengemban tugas sebagai penyerang tunggal gagal menunjukkan penampilan ciamiknya dalam tiga pertandingan pembuka Premier League. Penyerang asal Inggris itu gagal mencetak satu gol pun yang membuatnya mendapatkan banjir kritik dari para pengamat maupun fans MU.

Tapi, hat-trick Rooney saat membungkam Club Brugge 4-0 di leg kedua babak playoff Liga Champions menghadirkan angin segar bagi publik Old Trafford. Rooney sendiri mengakui ketiga golnya ke gawang wakil Belgia itu sangat penting jelang menghadapi Swansea.

"Tentu saja sebagai striker Anda ingin mencetak gol. Saya tahu kualitas saya dan apa yang bisa saya bawa untuk tim," ungkap Rooney usai mencetak trigol ke gawang Brugge.

Namun apalah arti hat-trick Rooney di Liga Champions jika tak mampu diulangnya ketika  melawan Swansea. Ujian berat memang bagi Rooney mengingat pertahanan Swansea yang cukup baik dengan hanya satu kali kebobolan dari dua laga saat bermain di Stadion Liberty.

Bukan hanya Rooney yang akan mendapatkan ujian berat pada laga ini, manajer MU, Louis van Gaal dipastikan akan menjadi sorotan. Pasalnya pada musim lalu, meneer 64 tahun ini gagal mengalahkan Swansea City dalam dua pertemuan Premier League.

MU dua kali takluk dari Swansea City pada musim lalu dengan skor 2-1 pada pertemuan pertama lewat gol Ki Sung-yueng dan Gylfi Sigurdsson. Gol balasan MU dicetak oleh Wayne Rooney.

Pada pertemuan kedua, Manchester United kembali takluk 1-2 lewat gol Ki Sung-yueng dan Bafetimbi Gomis. Sdapun gol Setan Merah dicetak Ander Herrera.

Catatan itu jelas tak mau diulang Van Gaal saat bertandang melawan anak asuh Garry Monk. "Saya tak mau kalah lagi. Ini satu-satunya klub yang tidak bisa kami kalahkan atau minimal mendapat satu poin pada musim lalu. Saya berharap kami dapat meningkatkan performa dan kami bisa menunjukkan telah lebih baik dari tahun lalu," ungkapnya.

Ada sosok menarik yang harus diwaspadai Van Gaal. Dia adalah Ki Sung-yueng. Gelandang asal Korea Selatan itu tercatat selalu berhasil mencetak gol dalam dua pertemuan melawan MU musim lalu. Dan, pada pertandingan nanti, Monk bisa menurunkan Ki yang sudah pulih dari cedera hamstring.

Pada pertandingan nanti, Van Gaal juga dipastikan tidak bisa menurunkan Adnan Januzaj dan Phil Jones yang masih berkutat dengan cedera. Tapi, Marouane Fellaini dan Marcos Rojo sudah bisa dimainkan. Rasa optimistis tinggi memenangkan pertandingan pun langsung membumbung tinggi di benak skuat MU.

"Kami sangat percaya diri sekarang. Musim lalu kami memberikan enam poin pada mereka, jadi kami harus siap untuk bermain melawan mereka. Mereka tim yang bagus," ujar Ander Herrera.

Beralih ke kubu lawan, manajer Swansea, Garry Monk, dipastikan bisa menurunkan skuat terbaiknya lantaran tak ada satu pemain pun yang cedera. Namun, Monk tetap tak mau sesumbar dan merendah jelang menjamu MU di Stadion Liberty.

"Pertandingan selalu sulit ketika berhadapan dengan klub besar. Mereka menambahkan banyak kualitas kedalaman skuat dan memiliki pemain kelas dunia. Kami underdogs, tapi kami bermain di kandang dan akan mengeluarkan performa terbaik demi para fans," ujar Monk.

Prakiraan susunan pemain:

Swansea City (4-2-3-1): Lukas Fabianski; Kyle Naughton, Mattias Fernandez, Ashley Williams, Neil Taylor, Jordan Ayew, Jonjo Shelvey, Jefferson Montero, Jack Cork, Gyfli Sigurdsson, Bafetimbi Gomis

Manchester United (4-2-3-1): Sergio Romero; Luke Shaw, Daley BLind, Chris Smalling, Matteo Darmian, Morgan Schneiderlin, Bastian Schweinsteiger, Memphis Depay, Marouane Fellaini, Juan Mata, Wayne Rooney

Lima pertemuan terakhir:

Swansea City 2-1 Manchester United
Manchester United 1-2 Swansea City
Manchester United 2-0 Swansea City
Manchester United 1-2 Swansea City
Swansea City 1-4 Manchester United

Lima laga terakhir:

Swansea City

Swansea City 3-0 York City
Sunderland 1-1 Swansea City
Swansea City 2-0 Newcastle United
Chelsea 2-2 Swansea City
Swansea City 0-0 Deportivo La Coruna

Manchester United

Club Brugge 0-4 Manchester United
Manchester United 0-0 Newcastle United
Manchester United3-1 Club Brugge
Aston Vila 0-1 Manchester United
Manchester United 1-0 Tottenham Hotspur

Prediksi Bola.com: Swansea City 45-55 Manchester United

Video Populer

Foto Populer