Sukses


Bikin City Makin Mengilap, Guardiola Wajib Beli 5 Pemain Ini

Bola.com, Manchester - Pelatih Pep Guardiola akan menangani Manchester City mulai musim 2016-2017. Pria asal Spanyol itu wajib memboyong lima pemain ini untuk membuat penampilan The Citizens musim depan semakin mengilap.

 

Melaui sesi konfrensi pers (20/12/2015), Pep Guardiola mengumumkan akan meninggalkan Bayern Munchen akhir musim ini atau setelah kontraknya bersama The Bavarian habis.

Setelahnya, spekulasi mengenai klub baru Guardiola terus merebak. Namun, Manchester City yang akhirnya berhasil mendapatkan jasa sang pelatih. Pep menandatangani kontrak berdurasi tiga musim bersama City pada (1/2/2016).

Prestasi gemilang Guardiola yang seakan memiliki resep untuk mengantarkan klub menjadi juara menjadi alasan juat City kepincut untuk meminangnya. Pep saat ini tercatat sebagai pelatih tersukses Barcelona dengan 14 gelar selama 4 tahun masa kepemimpinannya.

Guardiola juga sukses mempersembahkan gelar Bundesliga, DFB Pokal, Piala Super Eropa, dan Kejuaraan Dunia Antarklub untuk Bayern Munchen pada musim pertamanya. Semusim berselang, Pep sukses mempertahankan gelar Bundesliga.

Manchester City saat ini masih dilatih oleh Manuel Pellegrini. Manchester Biru saat ini berada di posisi keempat klasemen sementara Premier League berbekal tabungan 51 poin.

Namun, mimpi City untuk meraih tiket ke Liga Champions musim depan terancam sirna. Pasalnya, West Ham United dan Manchester United, yang menempati posisi kelima dan keenam, hanya berjarak satu poin saja dari mereka. Kompetisi Premier League saat ini hanya tinggal menyisakan delapan pertandingan lagi.

Sejauh ini, lini pertahanan Manchester City menjadi titik terlemah mereka. The Citizens kebobolan 32 gol dari 30 pertandingan. Ini menjadi yang terburuk di antara tim-tim penghuni posisi enam besar Premier League.

1. Lionel Messi (Barcelona)

Pep Guardiola wajib membeli lima pemain ini untuk membuat performa Manchester City makin mengilap. (Reuters/Juan Medina)

Kehadiran Guardiola di Manchester City membuka pintu untuk bergabungnya megabintang Barcelona, Lionel Messi. Guardiola menjadi sosok penting yang menjadikan Messi sebagai pemain terbaik dunia.

Manchester City juga memiliki dua senjata lainnya untuk memuluskan niat mereka mendatangkan Messi. Kedua senjata itu adalah CEO Ferran Soriano dan Direktur Olahraga Txiki Begiristain.

Keduanya dikenal dekat dengan Messi sewaktu bekerja di Barca. Bahkan, Soriano memiliki hubungan yang sangat akrab dengan keluarga Messi. City juga siap menggoda Messi dengan tawaran gaji selangit.

Jika La Pulga mau gabung ke Etihad Stadium, City akan memberikan gaji 27 juta euro (Rp 404 miliar) per musim. Bayaran yang diberikan City ini jauh lebih besar dari yang didapat Messi dari Barcelona saat ini. Blaugrana menggaji Messi 20 juta euro per musim.

Messi juga sempat mengutarakan niatnya untuk meninggalkan Barcelona dan bermain di Premier League. Alasannya, La Pulga merasa muak dengan kasus penggelapan pajak yang melilitnya.

Bersama Cristiano Ronaldo, Messi saat ini didaulat sebagai pemain terbaik dunia. Lima gelar FIFA Ballon d'Or menjadi bukti sahihnya. Musim ini, La Pulga menciptakan 37 gol dari 38 pertandingan bersama Barca.

2. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Pep Guardiola wajib membeli lima pemain ini untuk membuat permainan Manchester City musim depan makin mengilap. (EPA/Peter Powell)

Manchester City saat ini memiliki empat penyerang. Mereka adalah Sergio Aguero, Wilfried Bony, David Faupala, dan Kelechi Iheanacho. Namun, hanya Aguero yang mampu tampil bersinar.

Meski sempat absen cukup lama akibat berbagai cedera, Aguero mampu menunjukkan konsistensi permainan yang baik. Pemain berkebangsaan Argentina itu menciptakan 19 gol dari 27 pertandingan musim ini.

Sementara itu, Bony masih kesulitan untuk menembus tim inti. Adapun, Faupala dan Iheanacho masih terlalu muda. Oleh karenanya, satu slot penyerang milik City musim depan bisa digantikan oleh Robert Lewandowski.

Lewandowski saat ini berada di daftar puncak pencetak gol terbanyak sementara Bundesliga dengan torehan 25 gol. Whoscored mencatat pemain berkebangsaan Polandian itu rata-rata menciptakan 4,9 peluang per pertandingan. Dia juga beberapa kali mengisyaratkan ingin menjajal ketatnya kompetisi Premier League.

3. Jordi Alba (Barcelona)

Pep Guardiola wajib membeli lima pemain ini untuk membuat Manchester City makin mengilap. (AFP/Martin Bureau)

Sektor bek kiri menjadi salah satu titik lemah Manchester City musim ini. Manchester Biru memiliki dua pemain di posisi ini, yakni Aleksandar Kolarov dan Gael Clichy.

Kolarov bagus dalam menyerang. Dia memiliki umpan silang akurat dan tembakan jarak jauh yang bagus. Namun, pemain berkebangsaan Serbia itu kurang cepat untuk turun membantu pertahanan. Adapun, Clichy bagus dalam bertahan. Namun, pemain berkebangsaan Inggris itu kurang cakap dalam membantu penyerangan.

Oleh karena itu, Jordi Alba bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah di lini bek kiri City musim depan. Alba memang belum pernah merasakan tangan dingin besutan Guardiola. Tetapi, Pep sudah mengetahui karakter permainan Alba saat masih membesut Barca.

Jordi Alba musim ini tampil 32 kali memperkuat Barca dengan menit bermain selama 2525 menit. Dia sejauh ini berhasil menciptakan empat assist. Whoscored mencatat mantan penggawa Valencia itu rata-rata melakukan 1,8 tekel dan itersepsi di tiap pertandingan.

4. Ross Barkley (Everton)

Pep Guardiola wajib membeli lima pemain ini untuk membuat performa Manchester City makin mengilap. (AFP/Glenn Kyrk)

Manchester City saat ini memiliki David Silva di posisi gelandang serang. Performa pemain berkebangsaan Spanyol itu mampu menyihir para pencita sepak bola Inggris dan menjadi motor serangan The Citizens.

Namun, Silva rentan mengalami cedera. Oleh karenanya, Ross Barkley bisa menjadi solusi terbaik untuk menggantikan perannya. Barkley saat ini menjadi roha permainan Everton di lini tengah. Namun, dia butuh bermain di klub yang lebih besar untuk membuat kariernya semakin menanjak.

Ross Barkley musim ini tampil 36 kali memperkuat Everton dan menciptakan 12 gol. Pemain berkebangsaan Inggris itu sejauh ini berhasil menciptakan tujuh assist. Catatan Whoscored menyebutkan Barkley rata-rata membuat 2,9 peluang dan tingkat akurasi umpannya mencapai angka 86,9 persen per pertandingan.

5. John Stones (Everton)

Pep Guardiola wajib membeli lima pemain ini untuk membuat performa Manchester City makin mengilap. (Reuters/Carl Recine)

Lini pertahanan menjadi kelemahan utama Manchester City musim ini. The Citizens kebobolan 32 gol dari 30 pertandingan. Martin Demichelis saat ini sudah terlalu tua dan kerap membuat blunder.

Adapun, Nicolas Otamendi masih kesulitan untuk menembus tim utama City sejak diboyong dari Valencia. Adapun, kapten Vincent Kompany sering mengalami cedera dan penampilan Elaquim Mangala masih jauh dari kata sempurna.

Oleh karenanya, City butuh sosok John Stones untuk menggantikan salah satu penggawa di lini pertahanan musim depan. Kelebihan utama Stones adalah dia mampu membangun serangan dari belakang. Hal itu cocok dengan skema permainan Guardiola yang menyukai permainan umpan-umpan pendek.

Stones juga bisa bermain di dua posisi, yakni bek tengah dan bek kanan. Dari 31 pertandingan musim ini, dia rata-rata melakukan 1,5 tekel dan 1,7 intersepsi tiap pertandingan. Peresentasenya dalam memenangkan duel udara mencapai angka 80 persen. Demikian dilansir Whoscored.

Sumber: What Culture

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer