Sukses


Ryan Giggs Sudahi 29 Tahun Karier Bersama MU

Bola.com, Manchester - Setelah 29 tahun berkarier di Manchester United, Ryan Giggs memutuskan untuk angkat kaki. Mantan gelandang timnas Wales itu menyebut masih belum memikirkan untuk berkiprah sebagai pelatih.

Giggs merupakan pemain asli jebolan akademi sepak bola Manchester United dari 1987 hingga 1990. Melihat kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa, manajemen Setan Merah memberikan Giggs kontrak profesional saat masih berusia 17 tahun.

Sejak saat itu, pria bernama lengkap Ryan Joseph Giggs tersebut mampu menjadi salah satu pilar penting MU. Memperkuat tim senior The Red Devils dari musim 1990-1991 hingga musim 2013-2014, Giggs tampil dalam 963 pertandingan dan mencetak 168 gol.

Dia juga turut membawa MU merengkuh 35 gelar juara, termasuk 13 trofi Premier League, empat Piala FA, empat gelar Piala Liga Inggris, dua titel Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya menjadi pemain, Ryan Giggs juga sempat duduk di kursi manajer MU pada April 2014. Dia menggantikan David Moyes yang dipecat manajemen Manchester United.

Dari empat laga di bawah asuhan Giggs, MU mampu meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan satu kekalahan. Dia akhirnya bergesar sebagai asisten pelatih, menyusul kedatangan Louis van Gaal pada 16 Juli 2014.

Berkat kontribusinya yang luar biasa, Ryan Giggs kerap disebut bakal menjadi pengganti Van Gaal. Namun, setelah Van Gaal diberhentikan, Giggs tetap tidak menjabat sebagai manajer MU. Manajemen klub lebih memilih Jose Mourinho untuk menangani Wayne Rooney dan kawan-kawan.

"Setelah 29 tahun di Manchester United sebagai pemain dan asisten manajer, saya tahu menang ada dalam DNA klub ini, memberikan pemain pemuda kesempatan, dan bermain menyerang serta memperlihatkan sepak bola yang menarik," kata Giggs.

"Mendapatkan ekspektasi besar juga menyehatkan, hal yang tepat berharap untuk meraih kemenangan. Manchester United mengharapkan, layak mendapatkan kemenangan, tidak kurang dari itu," lanjutnya.

Giggs sebenarnya mendapatkan tawaran dari Mourinho untuk menjabat sebagai salah satu staf pelatih tim senior dan U-21 MU. Tetapi, mantan kapten timnas Inggris Raya itu menolaknya.

"Itulah mengapa ini adalah keputusan besar bagi saya untuk menjauh dari klub yang telah menjadi bagian dari hidup saya sejak usia 14 tahun. Ini bukan keputusan mudah yang pernah saya buat," papar Giggs.

"Saya menyimpan banyak kenangan spesial dan juga pengalaman hidup yang berharga. Saya harap, ini semua akan berguna di masa depan," ucap Ryan Giggs.

Sumber: Manchester United

Video Populer

Foto Populer