Sukses


Dulu Fergie Time, Sekarang MU Punya Jose Time...

Bola.com, Manchester - Kemenangan 1-0 Manchester United (MU) atas Hull City, pada laga lanjutan Premier League, Sabtu (27/8/2016), memberi kesan positif untuk Jose Mourinho. Sebab, pelatih berusia 47 tahun itu kini dianggap sebagai sosok tepat pengganti Sir Alex Ferguson, setidaknya untuk masalah "injury time". 

Saat masih dilatih Sir Alex Ferguson, skuat Setan Merah beberapa kali mampu memenangi pertandingan secara dramatis lewat gol yang terjadi pada masa injury time babak kedua. Oleh karena itulah, seiring perjalanan, sempat muncul istilah "Fergie Time", terlepas dari berbagai kontroversi di dalamnya. 

"Fergie Time" sempat lekat dengan MU setelah para suporter lawan menilai timnya Ferguson sering mendapat kelebihan waktu dari masa injury time ketika tertinggal. Sebagai contoh, pada saat MU tertinggal dan tambahan waktu tiga menit, wasit terkadang bisa menambah lagi dari menit yang sudah ditentukan. 

Ole Gunnar Solskjaer merayakan golnya dalam final Liga Champions tahun 1999 lawan Bayern Muenchen (Eric Cabanis / AFP).

Pada saat final Liga Champions 1999, misalnya, ketika MU menang dramatis 2-1 atas Bayern Munchen. Kala itu, Setan Merah mendapat waktu "tambahan" 76 detik dari waktu tiga menit injury time. Bahkan, BBC pada 2012, sempat membuat analisis mengenai masalah "Fergie Time" dan MU. 

Kini, "warisan" Fergie seakan mampu dijalankan dengan baik oleh Mourinho. Saat menghadapi Hull, manajer asal Portugal tersebut pun sempat membuat beberapa pergantian pemain, termasuk ketika memasukkan Marcus Rashford yang akhirnya sukses menjadi penentu kemenangan pada menit-menit akhir. 

Setelah mendapat waktu tambahan empat menit, gol kemenangan MU baru tercipta pada menit ke-90+2. Kepada BBC, seusai laga, manajer Hull City, Mike Phelan, pun sempat berkomentar perihal "Jose Time" yang membuat Adama Diomande dan kawan-kawan gagal meraih poin di kandang. 

Marcus Rashford (2kiri) merayakan golnya ke gawang Hull City pada lanjutan liga Inggris di Stadion KCOM Stadium, Kingston upon Hull, Minggu (28/8/2016) dini hari WIB. MU menang 1-0. (AFP/ Lindsey Parnaby).

"Kami biasanya mendapat enam menit (masa injury time), tetapi kami hanya mendapatkan empat menit hari ini!" ujar manajer yang sempat menjadi asisten pelatih Ferguson di MU tersebut. 

Pun halnya Mourinho yang menyebut MU menang dengan cara seperti yang sudah dilakukan Ferguson. "Sir Alex Ferguson adalah legenda di klub dan saya sangat senang mengatakan kami mampu meraih kemenangan dengan "Fergie Time". Saya tidak bisa lebih bahagia sekarang," kata Mourinho. 

Bagi MU, Raihan ini menjadi kemenangan ketiga beruntun dalam tiga laga awal Premier League. Terakhir kali mereka meraih hasil yang sama terjadi pada musim 2011-12 ketika Ferguson masih melatih.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer