Sukses


11 Klub Premier League Pecahkan Rekor Transfer

Bola.com - Bursa transfer musim panas akan ditutup pada 31 Agustus 2016 pukul 23.00 waktu setempat. Klub-klub di Premier League pun mengeluarkan dana besar demi menambah kekuatan, bahkan hingga memecahkan rekor transfer.

Berdasarkan data di Transfermarkt, 20 klub di Premier league mengeluarkan dana hingga 1 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 18 triliun untuk membeli atau meminjam 210 pemain pada bursa transfer awal musim ini.

Manchester City menjadi klub yang paling boros dalam belanja pemain. Manajemen The Citizens menggelontorkan dana hingga 180 juta pounds (Rp 3,1 triliun) demi menggaet sembilan pemain baru.

Selain Man City, klub Premier League lain yang belanja besar-besaran pada bursa transfer awal musim ini adalah Manchester United (157 juta pounds; Rp 2,7 triliun), Arsenal (96 juta pounds; Rp 1,6 triliun), Chelsea (67 juta pounds; Rp 1,1 triliun), dan Liverpool (67 juta pounds; Rp 1,1 trilun).

Sementara itu, juara Premier League musim lalu, Leicester City hanya mengeluarkan dana 40 juta pounds (Rp 698 miliar) untuk menggaet empat pemain. Sedangkan klub yang paling minim dalam belanja pemain adalah Burnley, yakni mengucurkan uang 10 juta pounds (Rp 174 miliar) untuk tiga pemain.

Dari triliunan rupiah dana yang dikeluarkan, beberapa klub mencatatkan pembelian termahal, bahkan memecahkan rekor transfer. Berikut ini adalah 11 klub Premier League yang menorehkan rekor transfer termahal di tingkat klub pada musim panas tahun ini.

2 dari 5 halaman

1

1. Manchester United; Paul Pogba

MU membeli Pogba dari Juventus dengan banderol 89 juta pounds pada 8 Agustus 2016. Nilai tersebut membuat gelandang timnas Prancis itu menjadi pembelian termahal Manchester United pada bursa transfer musim panas 2016.

Sebelumnya, Angel Di Maria menjadi pemain termahal The Red Devils dengan harga 59,7 juta pounds ketika digaet dari Real Madrid pada 26 Agustus 2014. Bukan hanya itu, Pogba juga menjadi pemain dengan nilai transfer tertinggi menggalahkan Gareth Bale yang ditebus Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan banderol 85 juta poundsterling.

2. Liverpool; Sadio Mane

Winger timnas Senegal itu ditebus Liverpool dari Southampton dengan harga 36 juta pounds pada 28 Juni 2016. Dengan nilai tersebut, Mane memecahkan rekor transfer Liverpool yang sebelumnya dipegang Andy Carroll.

Bomber asal Inggris itu dipinang The Reds dari Newcastle United pada 31 Januari 2011 dengan harga 35 juta pounds. Dibeli dengan harga mahal, Carroll gagal bersinar. Dia hanya mampu mencetak 11 gol dari 58 laga yang dijalani bersama skuat Si Merah.

3. Leicester City; Ahmed Musa

Sukses mencetak 54 gol dari 164 pertandingan bersama CSKA Mocow membuat Leicester City kepincut meminang Ahmed Musa. Manajemen The Foxes pun berani mengeluarkan dana hingga 15 juta pounds untuk mendapatkan servis Musa. Harga itu membuat Musa menjadi pemain termahal yang pernah dibeli juara Premier League 2015-2016 tersebut.

4. Crystal Palace; Christian Benteke

Tampil melempem bersama Liverpool tak mengurungkan niat Crystal Palace untuk membeli Christian Benteke pada bursa transfer awal musim ini. Setelah menggelontorkan dana 32 juta pounds, Palace berhasil memboyong Benteke ke London Timur pada 20 Agustus 2016.

Harga itu membuat Benteke menjadi pembelian termahal Crystal Palace, memecahkan rekor transfer Andros Townsend saat dibeli dari Newcastle United pada 1 Juli 2016. Townsend digaet Palace dengan banderol 13 juta poundsterling.

3 dari 5 halaman

2

5. West Ham United; Andre Ayew

Ayew merupakan pilar penting Swansea City pada musim lalu. Dia mampu mendulang 12 gol dari 35 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Performa apik Ayew membuat West Ham kepincut untuk meminangnya.

Setelah mengeluarkan dana 20,5 juta pounds, The Hammers berhasil mendapatkan jasa penggawa timnas Ghana itu pada 8 Agustus 2016. Ayew pun kini menjadi pemain termahal West Ham mengalahkan nilai Andy Carroll ketika ditebus dari Liverpool, yakni 15 juta pounds pada 21 Mei 2013.

6. Southampton; Sofiane Boufal

Kepergian Sadio Mane ke Liverpool membuat Southampton mengincar sejumlah pengganti pada bursa transfer awal musim ini. Pilihan pun akhirnya jatuh kepada Sofiane Boufal. Pemain 22 tahun itu digaet The Saints dari Lille dengan harga 16 juta pounds.

Boufal sekaligus memecahkan rekor transfer Dani Osvaldo saat ditebus dari AS Roma pada 18 Agustus 2013 dengan banderol 15,6 juta poundsterling.

7. Swansea City; Borja Baston

Baston merupakan pemain asli jebolan akademi sepak bola Atletico Madrid dan membela tim senior sejak 2010. Namun, kesulitan menembus skuat inti membuat Baston dipinjamkan ke klub lain mulai dari Murcia, Heusca, Deportivo La Coruna, Real Zaragoza, dan Eibar.

Sukses mencetak 64 gol bersama lima klub itu, membuat Baston diincar Swansea City. The Swans pun akhirnya menebus pemain 24 tahun tersebut dari Atletico dengan banderol 15,5 juta poundsterling pada 11 Agustus 2016.

Harga itu membuat Baston menjadi pemain termahal Swansea, sekaligus memecahkan rekor transfer Wilfried Bony ketika digaet dari Vitesse dengan nilai 12 juta poundsterling.

4 dari 5 halaman

3

8. Bournemouth; Jordon Ibe

Jarang mendapat kesempatan membela skuat utama membuat Liverpool melepas Jordon Ibe pada bursa transfer awal musim ini. Bournemouth pun bersedia mengeluarkan dana hingga 15 juta poundsterling untuk meminang Ibe pada 14 Juli 2016.

Pemain 20 tahun itu kini menjadi pembelian termahal Bournemouth mengalahkan harga 10 juta poundsterling milik Benik Afobe ketika dibeli dari Wolverhampton Wanderers pada 10 Januari 2016.

9. Watford; Roberto Pereyra

Winger timnas Argentina itu jarang mendapatkan kesempatan bermain bersama Juventus. Selama dua musim berseragam I Bianconeri, Pereyra hanya mampu mencetak enam gol dari 69 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Kendati tampil kurang meyakinkan, Watford kepincut untuk mendapatkan tanda tangan Pereyra. Setelah mengeluarkan dana 13 juta poundsterling, Watford akhirnya berhasil meminang Pereyra dari Juve pada 19 Agustus 2016. Pereyra pun menjadi pemain termahal Watford mengalahkan harga Isaac Success saat dibeli dari Granada dengan banderol 12,75 juta poundsterling pada 1 Juli 2016.

5 dari 5 halaman

4

10. West Bromwich Albion; Nacer Chadli

Pemain asal Belgia tersebut tampil cukup gemilang bersama Tottenham Hotspur. Selama tiga musim membela Spurs, Chadli mampu mencetak 25 gol dari 119 pertandingan. Performa Chadli itu membuat West Brom tertarik menggaetnya.

Setelah mengeluarkan dana 13 juta poundsterling, Nacer Chadli resmi menjadi pemain West Brom pada 29 Agustus 2016. Nilai tersebut membuat Chadli memecahkan rekor transfer West Brom, mengalahkan harga 12 juta poundsterling milik Salomon Rondon ketika digaet dari Zenit St Petersburg pada 10 Agustus 2015.

11. Burnely; Steven Defour

Defour tak terlalu bagus saat membela Anderlecht. Dia hanya mengoleksi 11 gol selama tiga musim berseragam Anderlecht. Tetapi, hal tersebut tak menghalangi Burnley untuk menggaet Defour.

Dana 8 juta poundsterling dikeluarkan manajemen Burnley untuk meminang gelandang 28 tahun tersebut. Steven Defour kini menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di Burnley, sekaligus melampaui harga Andre Gray yang diboyong dari Brentford pada 21 Agustus 2015.

Sumber: TalkSport, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer