Sukses


Mustafi Ungkap Resep Jitu Penampilan Gemilangnya di Arsenal

Bola.com, London - Pemain bertahan Arsenal, Shkodran Mustafi, mengungkapkan pengalaman menimba ilmu di beberapa negara membuatnya berkembang. Menurut Mustafi, sepak terjangnya bersama Everton membuatnya mampu beradaptasi dengan baik di tanah Inggris bersama Arsenal.

Everton merupakan tim Inggris pertama yang dibela Mustafi pada awal kariernya. Dia bergabung bersama The Toffees U-23 pada tahun 2009 dari Hamburg.

Selama memperkuat Everton, Mustafi mencatatkan 34 kali penampilan. Dia menyumbang satu gol dan satu assist. Dia juga sempat tampil pada ajang Liga Europa menghadapi Bate Borisov pada 17 Desember 2009 lalu.

"Itu membuat saya tumbuh. Dari anak laki-laki saya berkembang menjadi seorang pria. Saya masih berusia 24 tahun, tetapi saya sudah bermain di Italia, Jerman, Spanyol dan Inggris. Saya sudah mencoba untuk benar-benar mengambil beberapa gaya bermain di tiap negara yang berbeda-beda," kata Mustafi.

"Ketika saya datang ke Inggris saya masih sangat muda. Saat itu usia saya 17 tahun dan itu tidak mudah ketika anda datang ke negara yang berbeda dengan bahasa, budaya dan gaya sepak bola yang berbeda," ujarnya.

Setelah tiga musim berkarier di klub asal Merseyside tersebut, Bek asal Jerman itu memutuskan hijrah ke Italia untuk memperkuat Sampdoria. Dua musim berselang ia pindah ke Valencia sebelum pada musim panas lalu memutuskan kembali ke Inggris untuk bergabung bersama Arsenal.

Mustafi bergabung dengan Arsenal ada akhir Agustus 2016. Dia didatangkan dari Valencia dengan banderol 41 juta euro (Rp 595 miliar) dengan durasi kontrak selama lima tahun.

Sejak diperkuat Mustafi, Arsenal berhasil menyapu bersih kemenangan dalam empat laga terakhir Premier League. Selain itu, kontribusi Mustafi membuat gawang The Gunners hanya kebobolan dua gol.

Duet Skhodran Mustafi bersama Laurent Koscielny merupakan yang terbaik di awal musim kompetisi Premier League. Keduanya berhasil membawa The Gunners bersaing di papan atas klasemen liga dengan menempati posisi ketiga dengan tabungan 16 angka.

"Hal utama adalah saya berkembang. Cara anda bermain sepak bola di sini, serta untuk tidak memiliki alasan untuk hal-hal apapun yang membuat saya selalu tumbuh," ungkap bek berpostur 184 cm tersebut.

Sumber: HITC

Video Populer

Foto Populer