Sukses


Liverpool Vs MU: Mourinho Dibayangi Mimpi Buruk Lawan Klopp

Bola.com — Manchester United (MU) akan menghadapi Liverpool pada pertandingan pekan kedelapan Premier League, di Stadion Anfield, Senin atau Selasa (18/10/2016) dini hari WIB. Menilik rekor pertemuan antar manajer, Jurgen Klopp unggul atas Jose Mourinho.

Kedua manajer sudah bertemu lima kali. Edisi pertama terjadi pada periode 2010-2013 ketika The Special One melatih Real Madrid, sedangkan Klopp membesut Borussia Dortmund. Dari empat pertemuan, Klopp menang dua kali, dan sisanya berakhir imbang. 

Pada musim 2014-2015, Mourinho dan Klopp kembali bertemu di ajang Premier League. Mourinho bertugas bersama Chelsea, sementara Klopp melatih Liverpool setelah menggantikan posisi Brendan Rodgers yang dipecat pada paruh musim. 

Seperti apa momen pertemuan kedua manajer dalam pertandingan-pertandingan tersebut? Berikut ini adalah ulasannya: 

 

1. 24 Oktober 2012. Borussia Dortmund 2-1 Real Madrid

Pemain Borussia Dortmund, Marcel Schmelzer usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada 2012. (Goal.com).

ini adalah kemenangan pertama Klopp atas Mourinho. Tampil pada fase Grup D Liga Champions, Dortmund mampu mengalahkan Madrid 2-1. 

Gol pertama Dortmund diciptakan Robert Lewandowski pada menit ke-36. Namun, keunggulan Dortmund tidak bertahan lama karena bomber Los Blancos, Cristiano Ronaldo, berhasil menyama kedudukan dua menit berselang. 

Selepas turun minum, Dortmund kembali mampu unggul setelah Marcel Schmelzer menorehkan nama di papan skor. Skor 2-1 itu pun tetap bertahan hingga pertandingan usai. 

Dortmund berhasil mengunci kemenangan pada menit ke 64, dengan gol dari Marcel Schmelzer.

2 dari 5 halaman

2

2. 6 November 2012. Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund

Pada pertandingan leg kedua, Madrid gagal membalaskan dendam kekalahan di Signal Iduna Park. Sempat tertinggal 1-2, Los Galacticos harus menunggu hingga menit ke-89 untuk mengamankan satu poin dari skuat asuhan Klopp. 

Seusai pertandingan, Mourinho menilai salah satu faktor timnya gagal meraih poin karena lini belakang mereka tidak fokus. Menurut pelatih asal Portugal itu, "Jika Anda bertanding dengan tim bagus dan membuat kesalahan, mereka akan membunuh Anda."

Adapun dua gol Dortmund tercipta berkat torehan Marco Reus pada menit ke-28, dan gol bunuh diri Alvaro Arbeloa (45'). Sementara itu, sepasang gol skuat asuhan Jose Mourinho dikreasi Pepe (34'), dan Mesut Ozil (89'). 

3 dari 5 halaman

3

3. 23 April 2013. Borussia Dortmund 4-1 Real Madrid

Kedua tim kembali bertemu di ajang Liga Champions. Namun, kali ini bukan pada fase grup, melainkan semifinal. Klopp pun mampu menuai sukses setelah kembali membuat Mourinho menuai malu setelah menang dengan skor telak, 4-1. 

Bahkan, menurut BBC, hasil ini adalah kekalahan terbesar Mourinho dalam 106 pertandingan yang dia jalani di Liga Champions. Nasib berbeda dialami Lewandowski yang berhasil memborong empat gol kemenangan Dortmund. 

Satu-satunya gol Madrid dicetak Cristiano Ronaldo. 

4 dari 5 halaman

4

4. 30 April 2013. Real Madrid 2-0 Borussia Dortmund

Kekalahan 1-4 pada leg pertama, membuat Madrid harus bekerja ekstra keras saat menjamu Dortmund, di Santiago Bernabeu. Los Blancos mau tidak mau harus menang dengan selisih gol jika ingin lolos ke partai puncak. 

Pada akhirnya, Madrid menang 2-0 lewat gol Karim Benzema dan Sergio Ramos. Namun, skor tersebut tidak mampu membawa Crisitano Ronaldo dan kawan-kawan ke final karena pasukan Jurgen Klopp menang agregat 4-3. 

5 dari 5 halaman

5

5. 31 Oktober 2015. Chelsea 1-3 Liverpool

Setelah empat pertemuan "panas" di Liga Champions, Mourinho dan Klopp kembali bersua pada ajang Premier League 2015. Ketika itu, Klopp berstatus sebagai manajer anyar Liverpool setelah menggantikan Rodgers yang dipecat. 

Meski Liverpool sedang berada dalam masa peralihan, Klopp ternyata mampu meneruskan catatan impresif atas Mourinho. Sebab, Philippe Coutinho dan kawan-kawan justru mampu meraih poin penuh di Stamford Bridge usai menang 3-1. 

Sumber: The Sun

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer