Sukses


Perubahan Taktik Antonio Conte Dongkrak Performa Chelsea

Bola.com, London - Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, berpendapat perubahan taktik yang diterapkan Antonio Conte mampu mendongkrak performa Chelsea. Bahkan berkat Conte, laju The Blues pada musim ini sulit dibendung. 

"Keputusan untuk melakukan perubahan formasi adalah sesuatu yang besar. Dengan kegagalan meracik formasi pada awal musim, Conte akhirnya membuat perubahan. Hal tersebut membuat perubahan besar bagi Chelsea," kata Carragher.

"Dia mendapatkan tuah tersebut juga dari para pemain. Kami selalu membahas mengenai Pep Guardiola yang mulai terbiasa dengan Premier League. Padahal Conte sebenarnya juga belum pernah merasakan hal yang sama," lanjutnya.

Saat pertama kali duduk di kursi manajer Chelsea, Conte menerapkan formasi 4-2-3-1 atau 4-1-4-1. Stretagi tersebut sempat membawa Chelsea meraih tiga kemenangan beruntun di tiga pekan awal.

Seiring berjalannya waktu, taktik itu mulai dapat dibaca lawan. Skuat London Biru tak mampu meneruskan raihan positif dan menelan dua kekalahan dan sekali hasil imbang hingga pekan ke-6.

Alhasil, Conte kembali menerapkan formasi 3-4-3 yang merupakan strategi favoritnya ketika membesut Juventus dan timnas Italia. Perubahan skema permainan tersebut membuat Chelsea sanggup menyapu bersih kemenangan dalam 11 pertandingan di Premier League.

"Saya tak memiliki keraguan tentangnya menjadi manajer paling menonjol pada musim ini. Karena dia telah mencapai puncak klasemen di kompetisi Premier League yang dikenal cukup kompetitif," tambah pria yang saat ini berprofesi sebagai pandit sepak bola tersebut.

Raihan tersebut membuat Chelsea sulit terkejar di klasemen sementara. Saat ini, The Blues berada di puncak klasemen dengan nilai 43, atau terpaut enam poin dari Liverpool yang menempati posisi kedua.

Sumber: The Sport Review

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer