Sukses


Direktur Teknik Chelsea Ungkap Rahasia Sukses Antonio Conte

Bola.com, London - Direktur Teknik Chelsea, Michael Emenalo, mengungkapkan, Antonio Conte, tidak pernah menggunakan bahasa Italia untuk berkomunikasi dengan para pemain serta staf pelatih semenjak bergabung dengan The Blues. Menurut dia, hal itu merupakan salah satu rahasia kesuksesan Conte. 

Antonio Conte meneken kontrak berdurasi tiga musim bersama Chelsea pada 4 April 2016. Sejauh ini, mantan pelatih Juventus dan Bari tersebut dianggap cukup sukses mengangkat performa The Blues yang pada musim lalu finis di peringkat 10.

Pada musim 2016-2017, Chelsea kukuh di puncak klasemen sementara dengan keunggulan lima angka dari Liverpool di posisi kedua. Chelsea bahkan bisa melebarkan jarak jika mampu meraih poin saat menghadapi Tottenham Hotspur, Kamis (5/1/2017) dini hari WIB. 

Selain itu, Antonio Conte juga mampu memimpin Chelsea meraih 13 kemenangan beruntun. Menurut Michael Emenalo, salah satu faktor yang membuat Chelsea bisa menorehkan beberapa catatan positif itu karena Antonio Conte dapat beradaptasi dengan baik di London. 

Dengan berusaha tidak menggunakan bahasa Italia, Antonio Conte dikabarkan mampu mengambil hati para pemain serta staf senior di Chelsea. Padahal, biasanya manajer asing yang melatih klub-klub Premier League diberikan kebebasan menggunakan bahasa negara asal. 

Manajer Watford, Walter Mazzarri, misalnya, yang dikabarkan menggunakan penerjemah saat bertugas di klub. Demikian halnya manajer asal Argentina, Mauricio Pochettino, yang masih tetap menggunakan bahasa Spanyol saat masih berkarier bersama Southampton. 

"Satu-satunya hal yang saya mengerti mengenai Antonio adalah sebuah masa sulit bisa menjadi momen untuk belajar. Kami ingin dia bebas berbicara bahasa Italia, tetapi kami sangat terkesan dengan cara dia berkomunikasi dalam bahasa Inggris sejak hari pertama," ungkap Michael Emenalo. 

"Semua orang dapat melihat dia telah melakukan tugas yang luar biasa. Jadi, saya tidak terkejut para suporter dan semua orang mencintainya. Kami juga menyukai dia. Secara personal, menurut saya, ada kesempatan bagi dia untuk bertahan di sini selamanya."

"Dia juga telah membawa banyak pengetahuan, serta berbagai hal kepada para pemain, tidak hanya taktik, tetapi juga pendekatan yang baik dalam bertanding. Menurut saya, hal itu memberikan kepercayaan diri besar bagi para pemain," Michael Emenalo menambahkan. 

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer