Sukses


Jurgen Klopp Jadi Batu Sandungan Guardiola

Bola.com, Liverpool - Liverpool kembali membuktikan sebagai tim yang menakutkan bagi Manchester City. Skuat racikan Jurgen Klopp ini menang telak 3-0 atas City pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (5/4/2018) dini hari WIB.

Bagi City, ini kekalahan kedua di Anfield sepanjang musim ini. Sebelumnya, mereka kalah 3-4 di stadion sama dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris pada Januari lalu. Kekalahan tersebut juga menandai terhentinya rekor tak terkalahkan City di kompetisi domestik.

Penampilan City musim ini memang sangat menawan. Skuat asuhan Pep Guardiola ini terus mendominasi klasemen dengan keunggulan 16 poin dari tim di bawahnya.

Namun, Anfield masih terbukti menjadi kandang angker bagi City. Benteng pertahanan Jurgen Klopp selalu susah dirubuhkan jika bermain di stadion itu.

The Citizens memang selalu kepayahan saat tampil di markas Liverpool. Kali terakhir City menang atas Liverpool di Anfield adalah tahun 2003. Setelah itu, mereka tidak pernah lagi bisa meraih kemenangan di stadion berkapasitas 54,074 kursi itu.

2 dari 3 halaman

Tak Pernah Kalah

Hasil ini juga membuat Liverpool tak pernah kalah tampil di kandang mereka pada ajang kompetisi Eropa sejak Oktober 2014. Liverpool juga belum terkalahkan dalam 14 laga Eropa di Anfield dengan catatan sembilan menang dan lima imbang.

"Kekuatan" Anfield ini semakin mengukuhkan catatan positif pelatih Liverpool Jurgen Klopp atas Guardiola. Berdasarkan catatan, Klopp sudah memenangkan laga menghadapi tim arahan Guardiola sebanyak enam kali di seluruh kompetisi.

Rekor itu mengalahkan juru taktik lainnya. Klopp seperti memiliki senjata ampuh untuk mematahkan strategi mantan pelatih Barcelona itu.

3 dari 3 halaman

Pelatih Pertama

Klopp adalah pelatih pertama yang mampu mendulang lima kemenangan menghadapi tim asuhan Guardiola di berbagai kejuaraan. Saat menukangi Borussia Dortmund, Klopp tiga kali menaklukkan Bayern Munchen asuhan Guardiola.

Klopp mengakui ada satu hal yang membuat perbedaan antara dirinya dengan Guardiola. "Sebenarnya antara saya dan Pep tidak memiliki perbedaan yang besar. Hanya saja, saya mengatakan kalau Pep selalu mendapatkan tim yang lebih baik dari saya," ujarnya.

"Anda bisa melihatnya sekarang dia (Pep) dengan Manchester City-nya. Mereka memiliki perbedaan poin yang jauh dengan tim saya (Liverpool). Namun, perbedaan itu tidak pernah sekecil sekarang ini. Ketika kami melatih Munchen dan Dortmund, perbedaan itu benar-benar terasa besar," kata Klopp kepada The Sun.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer