Sukses


Pantaskah Steven Bergwijn Jadi Suksesor Christian Eriksen di Tottenham Hotspur?

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur resmi mendatangkan winger asal Belanda, Steven Bergwijn. Pemain berusia 22 tahun itu direkrut dari PSV Eindhoven dengan kontrak berdurasi 5,5 tahun.

Bergwijn akan mengenakan nomor punggung 23, nomor yang sebelumnya dipakai oleh Christian Eriksen. Ini menandakan ekspektasi besar Spurs kepada pemain mengoleksi 31 gol dari 146 pertandingan bersama PSV.

Eriksen sudah lebih dulu hijrah menuju Inter Milan dengan dana transfer mencapai 20 juta euro. Spurs lantas mendapatkan Gedson Fernandes dan Bergwijn.

"Dia kecil, gesit, dan cepat. Saya rasa dia adalah pemain paling lincah di Eredivisie. Tak akan ada lagi pemain yang lebih cepat dibandingkan Bergwijn di sini," kata Marcel van der Kraan, jurnalis senior Belanda.

Bergwijn adalah rekrutan ketiga Tottenham pada bursa transfer Januari 2020. Gedson didapatkan sebagai pemain pinjaman dari Benfica, sementara Giovani Lo Celso dipermanenkan dari Real Betis.

2 dari 5 halaman

Multifungsi

Steven Bergwijn bisa jadi tak setenar Memphis Depay, rekan senegaranya di Timnas Belanda. Tapi, ketika Depay harus menepi untuk waktu yang lama akibat cedera, Bergwijn dipercaya sanggup menutup lubang yang ditinggalkan.

Kehilangan Eriksen, di sisi lain, sebenarnya sebuah kehilangan yang sangat besar buat Spurs. Dibandingkan Dele Alli misalnya, Eriksen andal bermain di posisi sayap, bahkan bisa berperan gelandang pengatur serangan.

Bergwijn bisa bermain di posisi yang lebih banyak lagi. Selain itu, pemain berusia 22 tahun itu andal dalam mencetak gol.

"Tidak heran Ronald Koeman akan mengandalkannya pada Euro 2020 mndatang. Koeman kehilangan Memphis Depay yang mengalami cedera ligamen, tapi Bergwijn sangat bisa diandalkan," kata Van der Kraan lagi.

"Dia bisa bermain di 3-4 posisi berbeda, termasuk striker. Buat Mourinho, ini tentu sangat menarik mengingat Harry Kane dipastikan absen hingga akhir musim ini," ujarnya lagi.

3 dari 5 halaman

Statistik Berbicara

Musim lalu, Bergwijn sanggup mencatatkan 14 gol dan 12 assists. Hanya empat pemain yang berperan lebih dari 26 gol di Eredivisie musim lalu.

"Statistik menunjukkan betapa Bergwijn adalah talenta langka. Tengok saja lusinan gol dan assist-nya musim lalu. Musim ini pun juga sangat baik," kata Adam Bate, jurnalis Sky Sports.

Musim ini, dari 16 pertandingan di pentas liga saja, ia sudah mengoleksi 10 assist dan lima gol. Perlu digarisbawahi, Eriksen adalah penyumbang assist terbanyak musim lalu, yakni 16 kali di semua kompetisi.

Selain assist, Eriksen juga menjadi top scorer keempat musim 2018-2019. Ia mencetak 10 gol, meninggalkan striker Fernando Llorente (8) dan Dele Alli (8).

4 dari 5 halaman

Eriksen Vs Bergwijn

Statistik Gol dan Assist Eriksen bersama Tottenham Hotspur

Main: 305

Gol: 69

Assist: 89

Statistik Gol dan Assist Bergwijn bersama PSV Eindhoven

Main: 149

Gol: 31

Assist: 41

5 dari 5 halaman

Video

5 Pelatih Premier League Musim Ini yang Sukses Saat Menjadi Pemain

Video Populer

Foto Populer