Sukses


Cerita Liverpool Pernah Menepis Kans Boyong Cristiano Ronaldo dengan Harga Murah

Bola.com, Jakarta - Manchester United mendatangkan Crstiano Ronaldo dari Sporting Lisbon pada 2003. Namun, baru-baru ini terungkap bahwa Ronaldo ternyata berpeluang menjadi pemain Liverpool sebelum gabung Setan Merah.

Cerita tersebut diungkapkan langsung mantan asisten pelatih The Reds, Phil Thompson. Kala itu, Thompson datang langsung ke Lisbon untuk menonton Ronaldo.

Thompson mengungkapkan Ronaldo sangat dipuji banyak orang di sana. Liverpool ditawari membeli Cristiano Ronaldo dengan harga cukup miring, yakni senilai 4 juta pounds atau setara dengan Rp71 miliar.

"Semua orang memuji dia. Tony Henry, mantan gelandang Manchester City, pernah bekerja untuk Paul Stretford, yang ditugasi oleh Jorge Mendes untuk menghidupkan minat di Inggris," ujar Thompson seperti dilansir, Sportbible, Kamis (30/1/2020).

"Mereka berusaha keras agar Ronaldo meninggalkan Sporting dan mengundang saya untuk menyaksikan satu pertandingan. Saya kala itu diberi tahu harganya (Ronaldo) 4 juta pounds, tapi mereka menjelaskan bahwa itu bisa dibayarkan selama kontrak empat tahun, jadi pada dasarnya nilainya 1 juta pounds per tahun."

Namun, langkah tersebut tak diambil karena pelatih Liverpool saat itu, Gerrard Houiler khawatir Ronaldo meminta gaji yang tinggi. Karena menurut Houiler, gaji yang tinggi akan mengganggu struktur keuangan dan menyebabkan masalah di ruang ganti.

"Saya bertanya gaji seperti apa yang dia inginkan dan mereka mengatakan itu 1 juta pounds per tahun setelah pajak. Angka tersebut termasuk banyak untuk pemain berusia 18 tahun tetapi mereka mengatakan itu bisa dinegosiasikan," tandasnya

Setelah itu, Thompson kembali ke Inggris untuk membahas langkah selanjutnya dengan pelatih Liverpool, Gerrard Houlier. Namun, saat pihak The Reds akan mengajukan penawaran, Manchester United menerima harga yang dipatok untuk memboyong Cristiano Ronaldo, yakni senilai 12 juta pounds.

 

Video Cristiano Ronaldo

2 dari 2 halaman

Harga Lebih Tinggi Tiga Kali Lipat

Phil Thompson pun heran banderol Cristiano Ronaldo naik tiga kali lipat saat dipinang Manchester United. Meski harga tersebut tentunya tidak menjadi masalah karena Ronaldo menjadi pemain yang bertalenta.

"Mengherankan bahwa bayarannya berlipat tiga. Dia jelas berbakat besar, tetapi tidak ada yang bisa meramalkan saat itu betapa hebatnya dia," ungkap Phil Thompson.

Seperti diketahui, Cristiano Ronaldo bisa dibilang sebagai satu di antara pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Pemain berusia 34 tahun sudah memeroleh banyak penghargaan, baik bersama klub maupun individu.

Lima gelar Ballon d'Or sudah ia peroleh selama berkarier menjadi pesepak bola. Raihan tersebut hanya kalah dari Lionel Messi yang sudah mengoleksi enam trofi.

Kemudian gelar bersama klub seperti Liga Champions hingga Piala Dunia Antarklub juga pernah ia menangkan. Tak hanya di level klub, Ronaldo mampu meraih piala saat membela Timnas Portugal.

Bersama Portugal, Ronaldo sudah merengkuh gelar Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019.

 

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer