Sukses


Perbandingan Statistik Jadon Sancho dengan Trio Liverpool: Mane, Salah, dan Firmino

Bola.com, Jakarta - Winger Borussia Dortmund, Jadon Sancho, santer dikaitkan dengan kepindahan ke Premier League pada musim panas 2020. Dua klub raksasa Inggris dikabarkan berminat menggaet sang pemain, yaitu Manchester United dan Liverpool. 

Ketertarikan juga muncul dari Chelsea yang sedang membangun skuatnya. Namun, Manchester United dikabarkan berada di posisi terdepan dalam persaingan mendapatkan Jadon Sancho

Meskipun Setan Merah disebut paling berpeluang, Liverpool tak berputus asa. The Reds dikabarkan akan menggunakan koneksi Jurgen Klopp untuk menggagalkan kepindahan Sancho ke Old Trafford. 

Klopp disebut-sebut akan ikut melobi mantan klubnya itu supaya mau melepas Jadon Sancho ke Anfield. Peran Klopp tersebut bisa jadi akan krusial di bursa transfer musim panas nanti.  

Yang jadi pertanyaan, jika Jadon Sancho memilih Liverpool, cocok kah dia berkolaborasi dengan trio penyerang Liverpool, Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah? 

Berikut ini perbandingan statistik Jadon Sancho di Bundesliga pada musim 2019-2020 dengan trio Liverpool di Premier League musim yang sama, seperti dilansir Planet Football, Jumat (14/2/2020). 

 

2 dari 4 halaman

Gol dan Assist

Jadon Sancho mengoleksi 12 gol sepanjang Bundesliga 2018-2019 dan telah menyamai catatan tersebut hanya dalam 19 pertandingan musim ini. 

Dia juga mencatatkan 13 assist untuk rekan-rekan setimnya. Jadi, rekornya cukup impresif, dengan membukukan gol atau assist setiap 61,6 menit. 

Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool paling produktif di Premier League musim ini, dengan 14 gol dan enam assist. Dia berkontribusi satu gol setiap 94,5 menit. 

Mane mencetak 11 gol dan enam assist, atau satu kali tiap 104,9 menit dan Firmino (delapan gol dan assist) tiap 138,2 menit. Catatan kedua pemain masih kalah dari Sancho dan Salah. 

 

3 dari 4 halaman

Umpan dan Serangan

Tak mengherankan Sancho membukukan 13 assist pada musim ini. Pemain berusia 19 tahun tersebut menciptakan rata-rata 2,7 peluang per 90 menit di Bundesliga. 

Para penyerang Liverpool tak dapat menyamai pencapaian itu. Namun, Salah dan Mane tak terlalu tertinggal (keduanya masing-masing 2,0 peluang per 90 menit), sedangkan Firmino yang terendah (1,6). 

Sancho juga memimpin dalam urusan rata-rata operan komplet, yaitu 84,1 persen. Dia diikuti Mane (81,4%), Firmino (79,5%), dan Salah (77.2%).

Bintang Borussia Dortmund tersebut juga jado dribel, dengan mencatatkan 3,1 dribel sukses per 90 menit, atau rata-rata 53,4 persen. 

Mane berada di urutan kedua di belakang Sancho dengan 2,0 dribel sukses per 90 menit, namun dia punya rata-rata lebih baik 62,5%.

Firmino di urutan ketiga dengan 1,8 per 90 menit (56.2%). Salah berada di urutan terakhir, dengan 1,6 dribel sukses per 90 menit, atau rata-rata 61,5 sukses. 

 

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi Pertahanan

Jadon Sancho sepertinya harus memperbaiki kontribusi bertahannya jika pindah ke Liverpool. Dia hanya mencatat rata-rata 0,6 tekel per 90 menit, hanya lebih baik daripada Salah yang rata-rata 0,5 tekel per 90 menit. 

Mane (1,6) dan Firmino (1,1) sama-sama jauh lebih baik daripada Sancho dalam kategori ini. 

Namun, Sancho berada di posisi teratas dalam interceptions per 90 menit. Torehannya (0,6) lebih baik ketimbang Mane (0,5), Salah (0,3), dan Firmino (0,1).

Sumber: Planet Football

 

Video Populer

Foto Populer