Sukses


Superstar: Trent Alexander-Arnold, Anak Muda yang Kerap Jadi Pembeda di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Trent Alexander-Arnold memiliki peran penting dan kerap menjadi pembeda di Liverpool. Teranyar, Alexander-Arnold memperlihatkan hal tersebut ketika The Reds bersua West Ham United.

Menjamu The Hammers di Stadion Anfield pada laga pekan ke-27 Premier League, Senin (24/2/2020) malam waktu setempat, Trent Alexander-Arnold kembali menempati pos di sisi kanan pertahanan Liverpool.

Pemain berusia 21 tahun tersebut tak hanya piawai mengawal lini belakang Liverpool, namun juga rajin melancarkan serangan dengan menyisir sisi kiri pertahanan West Ham United.

Berdasarkan statistik yang dicatat Whoscored, Trent Alexander-Arnold melakukan tiga tekel sukses, memblokir tiga tembakan lawan, serta melepaskan 19 umpan lambung.

Dia pun menjadi kreator dua dari tiga gol yang disarangkan Liverpool. Assist pertamanya pada laga ini tercipta pada menit kesembilan. Umpan lambung Alexander-Arnold dari sisi kanan mampu dituntaskan Georginio Wijnaldum menjadi gol dengan sundulan.

Tren Alexander-Arnold kemudian menjadi kreator gol Sadio Mane pada menit ke-81, sekaligus penentu kemenangan The Reds. Meski coba dihalau kiper West Ham, Lukasz Fabianski, bek Timnas Inggris itu berhasil mengirimkan umpan ke muka gawang dan dituntaskan Mane dengan sepakan.

Sampai laga berakhir, Liverpool mengunci kemenangan dengan skor 3-2. Satu gol lainnya milik The Reds dicetak Mohamed Salah pada menit ke-68. Adapun dua gol The Hammers disarangkan Issa Diop (12') dan Pablo Fornals (54').

 

2 dari 3 halaman

Kerap Jadi Pembeda

Trent Alexander-Arnold memang kerap menjadi pembeda untuk Liverpool. Beberapa kali dia berhasil membantu The Reds memetik kemenangan.

Pada musim ini, dia telah menorehkan 14 assist dari 37 pertandingan di seluruh ajang. Ke-14 assist itu membantu skuat Si Merah meraih kemenangan dalam sembilan pertandingan.

Bukan hanya musim ini, Alexander-Arnold juga memberikan kontribusi penting untuk Liverpool pada musim lalu. Dari 16 assist pada musim 2018-2019, dua yang paling berkesan adalah ketika bersua Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions.

Sepasang umpan Trent Alexander-Arnold berhasil membawa The Reds menang 4-0 atas El Barca. Liverpool pun lolos ke final Liga Champions dengan keunggulan agregat 4-3.

Alexander-Arnold mengakui hanya menjalankan instruksi dari sang manajer, Jurgen Klopp, untuk melancarkan serangan. Berkat kegemilangan bek Timnas Inggris itu dalam menerapkan strategi dari Klopp, Liverpool sukses memetik kemenangan.

"Kami hanya berusaha untuk menyerang dan mencetak gol, itulah yang diminta oleh manajer (Jurgen Klopp). Akhirnya membuahkan hasil," kata Alexander-Arnold.

"Kami sangat percaya diri dan memenangkan setiap pertandingan. Kami senang dengan kemenangan ini (kontra West Ham United," lanjutnya.

Sumber: Whoscored, Transfermarkt, BBC

3 dari 3 halaman

Video

5 Pelatih Premier League Musim Ini yang Sukses Saat Menjadi Pemain

Video Populer

Foto Populer