Sukses


Bicara tentang Firmino di Liverpool, Jurgen Klopp Tidak Peduli soal Jumlah Gol

Bola.com, Liverpool - Roberto Firmino mungkin tidak dikenal sebagai pencetak gol ulung untuk Liverpool. Namun, kontribusinya bagi the Reds sudah tidak terkira, begitulah menurut manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Firmino bermain di posisi sentral dalam skema tiga penyerang yang diusung Jurgen Klopp di Liverpool. Namun, perolehan golnya tidak pernah melebihi dua bomber lain yang beroperasi di sektor sayap, yakni Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Sebagai informasi, Firmino baru mencatatkan 11 gol dari 43 penampilan di berbagai kompetisi pada musim ini. Sedangkan Mane dan Salah masing-masing membukukan 18 dan 20 gol dengan jumlah penampilan yang lebih sedikit.

Bahkan, Firmino baru mencetak satu gol saat Liverpool tampil di markas kebanggaannya, Anfield. Gol tersebut baru ia peroleh saat the Reds bertemu Atletico Madrid dalam leg kedua 16 besar Liga Champions pekan lalu.

Umumnya seorang penyerang sentral akan memiliki torehan gol lebih banyak dari rekan setimnya. Sebab, posisinya berada lebih dekat dengan gawang lawan. Namun, kasusnya berbeda jika bicara soal peran Firmino di Liverpool.

Bermain di bawah asuhan Klopp, pemain asal Brasil tersebut ditugaskan sebagai false 9 yang tugas utamanya justru bukan mencetak gol, melainkan menjadi penghubung antara lini tengah dan penyerangan.

"Dia adalah seorang penghubung. Rasanya cukup jarang Anda bisa bertemu dengan orang seperti Bobby yang tidak begitu mementingkan diri sendiri dan tak egois," ujar Klopp kepada JOE.co.uk.

"Dia seperti, ada bola di sana, bola ke sana, mengoper bola, dan dia sangat senang melakukannya. Kemudian dia tersadar 'saya tidak mencetak gol selama empat atau lima pekan'," lanjut manajer Liverpool itu.

 

2 dari 3 halaman

Tak Peduli Jumlah Gol

Klopp tidak mementingkan angka lagi kalau bicara soal sosok berumur 28 tahun itu. Meski perolehan golnya sedikit, namun ia percaya Firmino pantas disebut sebagai striker terbaik di dunia saat ini.

"Rasa tidak egoisnya itu luar biasa, angka jadi tidak penting lagi. Sungguh, dia adalah pemain kelas dunia. Ia hanya sosok baik yang sensasional" pungkas mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Aksi Firmino bersama Liverpool sendiri tidak bisa disaksikan dalam waktu dekat. Pasalnya, semua kompetisi di Eropa sedang ditunda karena penyebaran virus Corona yang kian menjadi-jadi di beberapa negara, termasuk Inggris sendiri.

Sumber: Express

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 17/3/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Tips FPL: 5 Bek Murah dengan Poin Tinggi Hingga Pekan 9

Video Populer

Foto Populer