Sukses


Kunci Keberhasilan Liverpool Versi Gelandang Chelsea : Tak Ganti Pelatih

Bola.com, Jakarta - Liverpool tampil merajalela pada di pentas Premier League 2019-2020. Konsistensi menjadi satu di antara kekuatan utama Anfield Gank tersebut.

Mantan striker Timnas Inggris, Alan Shearer mengungkapkan, Liverpool sanggup belajar dari kegagalan musim lalu. Imbasnya, Shearer menyebut The Reds menjadi jauh lebih dewasa.

Pendapat lain yang meyakinkan datang dari gelandang Chelsea, Willian. Ia menegaskan, kunci permainan menawan Liverpool sepanjang musim ini adalah buah dari konsistensi dan kepercayaan.

Yup, Willian menyebut, keberadaan manajemen yang memercayai program kerja Jurgen Klopp, membuat Liverpool berhasil. Seperti diketahui, Jurgen Klopp datang ke markas Liverpool ketika klub legendaris tersebut tengah limbung.

Maklum, ragam usaha sudah dilakukan tapi kunjung memberi perubahan signifikan. Terakhir, nama Brendan Rodgers menjadi korban sebelum jajaran manajemen Liverpool memilih Jurgen Klopp.

 

2 dari 2 halaman

Langkah Unik

Pemilihan terhadap Klopp juga tergolong unik, karena sang pemilik menggunakan perhitugan tersendiri guna menjatuhkan opsi ke pelatih Borussia Dortmund tersebut. Kala itu, John W Henry, sang pemilik Liverpool, percaya Klopp punya sesuatu yang bisa memberikan trofi bagi klubnya.

Sebuah perhitungan yang matang, meski tak berjalan cepat. Pelan namun pasti, konsistensi rancangan Klopp menuai hasil memuaskan bagi penggemar Liverpool. Kini, lima tahun sejak kedatangan Klopp, harapan puasa gelar 30 tahun akan sirna, mulai terkuak.

Saat ini, Liverpool tampil dominan dalam persaingan Premiership musim ini. Jika tak ada pandemi virus corona penyebab COVID-19, bisa saja Liverpool sudah mengantungi gelar.

"Liverpool punya rahasia, dan itu terletak pada kesinambungan. Klopp berada di sana dalam 5 tahun dengan segala kebebasan yang berkelanjutan. Itulah yang membuat Liverpool berjaya," sebut Willian, di ESPN Brasil.

Sumber : ESPN

Video Populer

Foto Populer