Sukses


Starting XI Pemain Berumur 30 Tahun yang Masih Unjuk Gigi di Premier League 2019-2020

Bola.com, Jakarta - Karier seorang pesepak bola bakal semakin menurun ketika akan ataupun telah memasuki usia 30 tahun. Namun, tak sedikit pemain yang masih mampu unjuk gigi, kendati telah berkepala tiga.

Satu di antara pemain yang masih mampu tampil impresif di usia 30 tahun adalah Ben Foster. Pemain asal Inggris itu merupakan sosok penting di bawah mistar gawang Watford.

Foster tercatat tampil dalam 29 pertandingan yang sudah dijalani Watford di Premier League musim ini. Dari 29 laga tersebut, dia berhasil menorehkan sembilan clean sheet dan kebobolan 44 gol.

Meski kemasukan cukup banyak, penampilan mantan kiper Manchester United itu cukup memuaskan. Pasalnya, Ben Foster telah berusia 37 tahun. Dia juga hanya terpaut dua laga dari kiper Burnley, Nick Pope, yang menorehkan clean sheet terbanyak di Premier League musim ini.

Selain Foster, terdapat pemain lainnya yang tampil impresif meski akan segera ataupun telah memasuki usia 30 tahun.

Berikut ini adalah 11 pesepak bola yang berkepala tiga dan masih mampu unjuk gigi di Premier League musim ini. Ke-11 pesepak bola tersebut terdiri dari kiper, bek, gelandang, dan penyerang dalam formasi 4-3-3.

 

2 dari 5 halaman

Lini Belakang

Kiper: Kasper Schmeichel

Penjaga gawang Leicester City itu merupakan satu di antara pemain gaek yang tampil bagus di Premier League musim ini. Schmeichel yang telah berusia 33 tahun berhasil mencatatkan 10 clean sheet dari 29 pertandingan di liga.

Bek kanan: Cesar Azpilicueta

Azpilicueta merupakan satu di antara pemain senior di Chelsea. Bek 30 tahun itu telah membela The Blues sejak 2012. Pada musim ini, Cesar Azpilicueta berhasil mengoleksi dua gol dan tiga assist dari 27 pertandingan di Premier League.

Bek tengah: Chris Basham

Penampilan Sheffield United yang gemilang pada musim ini tak lepas dari solidnya lini belakang. Satu di antara pilar penting Sheffield di jantung pertahanan adalah Chris Basham. Pemain berusia 31 tahun tersebut berhasil melakukan 2,2 tekel, 2,2 intersep, serta 4,5 sapuan per laga di Premier League musim ini.

Bek tengah: Jonny Evans

Eks bek Manchester United itu tampil impresif bersama Leicester City. Evans piawai membantu pertahanan The Foxes sekaligus membangun serangan dari lini belakang. Di Premier League musim ini, akurasi umpan pemain berusia 32 tahun tersebut mencapai 86,7 persen, serta melakukan 1,3 tekel, 1,4 intersep, dan 4,8 sapuan per laga.

Bek kiri: Patrick van Aanholt

Van Aanholt adalah satu di antara pemain penting di lini belakang Crystal Palace. Bersama Gary Cahill, James Tomkins, dan Joel Ward, pemain yang akan berusia 30 tahun pada Agustus mendatang mampu membuat Palace baru kebobolan 32 gol di Premier League musim ini.

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Gelandang: Jordan Henderson

Peran Jordan Henderson di sektor tengah Liverpool sulit tergantikan. Pemain yang akan berusia 30 tahun pada Juni nanti, mampu menjaga keseimbangan permainan The Reds. Berposisi sebagai gelandang bertahan dan gelandang serang, Henderson berhasil mencetak tiga gol dan lima assist, sekaligus membawa Liverpool bercokol di puncak klasemen sementara Premier League 2019-2020.

Gelandang: Joao Moutinho

Dengan usia yang telah menginjak 33 tahun banyak yang menganggap karier Joao Moutinho memasuki masa-masa terakhir. Akan tetapi, pemain asal Portugal itu mampu membuktikan jika dirinya belum habis. Moutinho mampu mencetak satu gol dan enam assist dari 29 laga di Premier League musim ini bersama Wolverhampton Wanderers.

Gelandang: David Silva

Posisi Silva di lini tengah Manchester City mulai terpinggirkan. Dia kalah bersaing dengan Kevin De Bruyne, Ilkay Gundogan, dan Rodri. Meski begitu, Silva yang telah berumur 34 tahun tetap tampil impresif ketika dimainkan. David Silva sukses mencetak tiga gol dan tujuh assist dari 19 pertandingan di Premier League musim ini.

4 dari 5 halaman

Lini Serang

Penyerang: Jamie Vardy

Bomber Timnas Inggris itu adalah satu di antara penyerang veteran yang masih bertaji di Premier League. Kendati telah berusia 33 tahun, Jamie Vardy mampu mengoleksi 19 gol dari 26 laga di liga. Jumlah tersebut membuat penyerang Leicester City tersebut nyaman bercokol di puncak daftar top skorer sementara liga pada musim ini.

Penyerang: Sergio Aguero

Sejak berseragam Manchester City pada musim panas 2011, Aguero merupakan ujung tombak di lini serang. Sejauh ini, Sergio Aguero telah mengoleksi 254 gol bersama City. Dari jumlah tersebut, 16 di antaranya ditorehkan pemain berusia 31 tahun itu dari 22 laga di Premier League musim ini.

Penyerang: Pierre-Emerick Aubameyang

Auba akan merayakan ulang tahunnya yang ke-31 pada 18 Juni mendatang. Kendati telah berkepala tiga, Aubameyang masih piawai membobol gawang lawan. Penyerang Arsenal itu sukses mengoleksi 17 gol dari 26 pertandingan di Premier League 2019-2020.

Sumber: Sportskeeda, Premier League, Whoscored

5 dari 5 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer