Sukses


VIDEO: Mengenal Jimmy Greaves, Mantan Striker Chelsea dan AC Milan yang Cetak 266 Gol untuk Tottenham

Bola.com, London - Siapakah Jimmy Greaves? Salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Ia mengawali karier di Chelsea pada rentang 1957-1961, lalu ke AC Milan pada 1961, kemudian berlabuh ke Tottenham Hotspur. Striker yang lahir di Manor Park, London, itu di Spurs pada rentang 1961-1970.

Jimmy Greaves adalah penyerang dengan catatan rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah Tottenham Hotspur. Ia total menorehkan 266 gol untuk Spurs. Rekornya tidak sampai di situ. Ia juga pencetak gol terbanyak di Liga Inggris divisi teratas dengan torehan 357 gol. Pria dengan tinggi 172 centimeter tersebut juga menjadi pencetak gol terbanyak keempat di Timnas Inggris dengan catatan 44 gol, seperti dilansir BBC.

Sebelum "menggila" di Tottenham, Greaves memang sudah luar biasa saat di Chelsea. Ia mencetak 124 gol di divisi teratas selama 4 musim di The Blues. Ia dijual ke AC Milan dengan harga 80 ribu pound saat itu. Namun, kariernya singkat di Milan karena dirinya tidak merasa bahagia di sana. Meski demikian, Greaves menorehkan 9 gol dari 14 kali penampilan. Ia juga tidak memiliki hubungan yang baik dengan sang pelatih, Nereo Rocco. Ia dikabarkan tidak senang dengan aturan yang ketat dari Rocco, termasuk hanya boleh merokok dua batang dalam sehari, seperti dilansir Football 365.

Greaves akhirnya kembali ke Inggris setelah dijual dengan harga 99.999 pound oleh Milan. Angka tersebut dikabarkan disengaja oleh manajer Spurs, Bill Nicholson, agar Jimmy Greaves tidak menjadi pemain pertama yang dilabeli harga 100 ribu pound, menurut Sunday Post. Meski tidak pernah membawa Tottenham juara liga, Greaves mempersembahkan dua gelar Piala FA, dua gelar Charity Shield, dan Piala Winners Eropa musim 1962-1963.

Setelah dari Tottenham Greaves ke West Ham United pada Maret 1970. Setahun kemudian, ia memutuskan pensiun. Empat tahun kemudian, Greaves kembali ke sepak bola tetapi hanya bermain di klub level non-liga bersama Brentwood, Chelmsford City, Barnet, dan Woodford Town. Greaves sempat menjalani karier di dunia media, sebagai kolumnis di The Sun dan The Sunday People. Ia juga sempat menjadi pundit, dan pernah dipercaya untuk ITV di Piala Dunia 1982.

Kini, Greaves sedang dirawat di rumah sakit pada usia 80 tahun, seperti dilansir BBC. Penyakitnya belum diketahui, dan ia sudah dites negatif untuk COVID-19 dan tidak lagi kena stroke, seperti penyakitnya sebelumnya.

Seperti apa kehebatan Jimmy Greaves di lapangan? Layakkah mantan striker Chelsea dan AC Milan tersebut menjadi pencetak gol terbanyak di Tottenham Hotspur? Dapat dilihat dalam cuplikan video di atas.

Video Populer

Foto Populer