Sukses


Deretan Legenda Newcastle United, dari Jimmy Lawrence hingga Alan Shearer

Bola.com, Jakarta - Newcastle United memang tidak pernah punya sinar cemerlang layaknya Manchester United, Arsenal, Chelsea, ataupun Manchester City di Premier League. Namun, tim yang bermarkas di St James' Park itu punya sejarah cukup bagus di Inggris, dan memiliki begitu banyak pemain yang melegenda.

Mungkin penggemar Premier League lebih mengenal Alan Shearer sebagai sosok yang melegenda di Tyneside. Striker yang juga kapten tim, baik di Newcastle United maupun Timnas Inggris, itu memang punya torehan yang manis bersama tim yang berdiri pada 1892 itu.

Dalam sejarahnya di sepak bola Inggris tidak pernah terjatuh ke divisi kedua sepak bola Inggris sejak 1893. The Magpies juga sudah mencatatkan empat kali menjuarai liga Inggris, di mana tiga di antaranya diraih di era kejayaan mereka. yaitu pada 1904-2905, 1906-1907, dan 1908-1909. Satu gelar juara lain diraih pada musim 1926-1927.

Sementara untuk divisi kedua Liga Inggris, Newcastle United pernah menjadi juara pada musim 1964-1965, 1992-1993, 2009-2010, dan yang paling terbaru adalah ketika mereka promosi kembali ke Premier League pada 2016-2017. Selain itu, Newcastle United juga pernah enam kali menjadi juara Piala FA.

Dalam kesempatan ini, Bola.com akan sedikit membahas lima pemain yang dalam sejarah perjalanan Newcastle United memiliki peran penting dan patut dianggap sebagai legenda klub berjulukan The Magpies itu.

2 dari 7 halaman

Jimmy Lawrence

Jimmy Lawrence adalah seorang kiper yang memperkuat Newcastle United selama 18 tahun, mulai dari 1904 hingga 1922. Penjaga gawang dari Skotlandia ini punya catatan yang apik sehingga selalu menjadi pilihan utama The Magpies saat itu.

Sebagai seorang kiper sekaligus pemain Newcastle United, Jimmy Lawrence masih menjadi pemegang rekor pertandingan terbanyak di sepanjang sejarah The Magpies. Ia mengemas catatan 432 kali bertanding untuk Newcastle United.

Tiga trofi juara Liga Inggris, satu gelar juara Piala FA, dan satu titel Charity Shield Newcastle United tak terlepas dari peran besar Lawrence di bawah mistar gawang The Magpies.

 

3 dari 7 halaman

Hughie Gallagher

Pemain yang satu ini bermain di era Newcastle United berhasil menjadi juara Liga Inggris 1926-1927. Penyerang asal Skotlandia ini merupakan sosok penting keberhasilan The Magpies menjadi juara saat itu.

Ia berhasil mencetak 36 gol untuk mengantar Newcastle United juara pada musim 1926-1927. Bahkan torehan gol tersebut membuatnya masih bertahan sebagai pemain Newcastle United yang paling banyak mencetak gol di liga dalam satu musim.

Memulai karier di Newcastle United pada 1925, Gallagher hanya bertahan selama lima musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia mampu mengemas 143 gol dalam 174 penampilan bersama Newcastle United.

 

4 dari 7 halaman

Jackie Milburn

Pemain selanjutnya yang layak menyandang gelar legenda di Newcastle United adalah Jackie Milburn. Penyerang tengah asal Inggris ini juga merupakan striker andalan The Magpies pada era 1943 hingga 1957.

Sebagai seorang striker, Jackie Milburn sempat menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Newcastle United dengan 200 gol. Namun, torehan itu akhirnya bisa dipatahkan oleh Alan Shearer hampir lima dekade kemudian.

Satu hal lain yang membuat Milburn menjadi istimewa adalah torehannya yang belum tergeser hingga saat ini. Milburn menjadi pencetak gol terbanyak Newcastle United di pertandingan liga secara keseluruhan. Milburn mencetak 178 gol di Liga Inggris pada medio 1946 hingga 1957.

5 dari 7 halaman

Paul Gascoinge

Legenda Newcastle United lainnya adalah Paul Gascoinge. Pemain yang kerap menjadi biang masalah ini berkarier bersama The Magpies hanya selama tiga musim, yaitu mulai dari 1985 hingga 1988.

Secara torehan gol memang tidak banyak, yaitu hanya 21 gol mengingat perannya sebagai pemain tengah. Jumlah penampilannya pun tidak sampai ratusan, yaitu hanya 92 kali karena dirinya hanya tiga musim bermain di St James' Park.

Namun, Gascoinge adalah produk asli Newcastle United. Ia memulai karier dari tim junior pada 1980 dan baru naik ke tim senior pada 1985. Paul yang terkenal dengan permainan lugas dan cenderung kasar menjadi andalan The Magpies untuk menguasai lini tengah.

 

6 dari 7 halaman

Alan Shearer

Alan Shearer adalah legenda Newcastle United di era sepak bola modern Inggris. Meski mengawali karier di Southampton dan pindah ke Blackburn Rovers lebih dulu, Shearer tetap identik dengan newcastle United.

Bersama Southampton, Shearer hanya menghabiskan dua musim di level profesional. Begitu pun di Blackburn Rovers yang hanya sekitar empat tahun, meski gelar juara Premier League 1994-1995 dirasakannya di sana.

Begitu pindah ke Newcastle United pada 1996, Shearer tidak ke mana-mana lagi. Ia bertahan di St James' Park hingga pensiun pada 2006. Ia tak hanya seorang striker yang tajam, tapi juga kapten tim yang berkarisma.

Shearer merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Newcastle United dengan torehan 206 gol. Bahkan torehan tersebut membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak dalam sepanjang era Premier League dengan total 260 gol.

Dari 206 gol yang dicetaknya buat Newcastle United, 30 gol di antaranya dicetak di kompetisi Eropa, di mana itu membuatnya menjadi pemain Newcastle United yang paling banyak mencetak gol di kancah Eropa.

Satu lagi catatan unik yang dimiliki Alan Shearer bersama Newcastle United. Ia merupakan pencetak gol tercepat yang dimiliki The Magpies, di mana gol tersebut dicetak hanya dalam 10,4 detik saat Newcastle United menghadapi Manchester City di Premier League pada 18 Januari 2003.

7 dari 7 halaman

Video

Video Prediksi Liga Champions: PSG Vs MU

Video Populer

Foto Populer