Sukses


10 Klub Paling Dibenci di Inggris Berdasar Jumlah Chant yang Ditujukan untuk Mereka, Liverpool Urutan Kedua

Bola.com, Jakarta - Fans sepak bola tak lepas dari rasa benci dan cinta. Kebencian suporter sepak bola terhadap klub rival terkadang sama besar dengan kecintaannya terhadap tim yang mereka dukung. 

Ada banyak alasan bagi seorang fan saat membenci klub tertentu. Alasannya antara lain rivalitas yang sudah mengakar, persaingan lokal, ketidaksukaan terhadap manajer atau pemain tertentu, hingga rasa iri atas prestasi gemilang klub tersebut. 

Rivalitas yang sudah mengakar dalam di sepak bola antara lain seperti Real Madrid vs Barcelona, Manchester United vs Liverpool, River Plane vs Boca Junior, Rangers vs Celtic, maupun AC Milan vs Inter Milan. 

Satu di antara cara mengekspresikan kebencian terhadap klub rival adalah dengan chant. Tentu saja, chant-chant yang dinyanyikan ini bukan berisi pujian, tetapi kritikan, kata-kata pedas, hingga cemoohan.  

Di tanah Inggris, permusuhan paling klasik tersaji antara dua klub raksasa, Manchester United dan Liverpool. Keduanya merupakan klub paling sukses di kasta tertinggi Liga Inggris. 

Tapi, apakah keduanya masuk daftar teratas klub yang paling dibenci di Inggris? English Football Statistician mengungkap data klub Inggris yang paling dibenci. Kali ini parameternya adalah jumlah chant negatif yang tertuju untuk klub bersangkutan yang berasal dari suporter lawan. 

Berikut ini ada 12 klub Inggris yang mendapat 20 atau lebih chant permusuhan dari suporter lawan, seperti dilansir Give Me Sport, Rabu (27/5/2020).    

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Urutan 6 - 12

12. Aston Villa - 20 chants

11. Burnley - 21 chants

10. Arsenal - 21 chants

9. Birmingham - 25 chants

8. Chelsea - 29 chants

7. Newcastle - 33 chants

6. Manchester United - 34 chants

 

3 dari 3 halaman

Urutan 1 - 5

5. Sunderland - 35 chants

4. Manchester City - 39 chants

3. Tottenham - 42 chants

2. Liverpool - 50 chants

1. Leeds United - 117 chants

Sumber: Give Me Sport

 

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.
    Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.
    Klub sepak bola asal Yorkshire Barat-Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1919.

    Leeds United

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer