Sukses


5 Situasi Dunia saat Liverpool Terakhir Juara Liga Inggris: Jurgen Klopp Masih Bermain hingga Jerman Punya 2 Timnas

Bola.com, Jakarta - Liverpool merupakan salah satu klub tersukses di Inggris dan kaya sejarah. Namun, klub asal Merseyside itu sudah lama tak merengkuh gelar liga.

Liverpool sepanjang sejarah sudah mengoleksi 18 titel Liga Inggris. Liverpool menempati urutan kedua sebagai klub Inggris yang paling bergelimang gelar liga setelah Manchester United.

Namun, Liverpool sudah merindukan gelar liga. Pencapaian terakhir yang diraih Liverpool dalam kompetisi domestik itu terjadi pada 1989-1990.   

Ketika itu, Liga Inggris belum bernama Premier League. Liverpool diasuh pelatih Kenny Dalglish dan dihuni pemain berkualitas semisal Ian Rush, John Barnes, hingga Steve McMahon.

Liverpool finis di puncak klasemen dengan raihan 79 poin berkat 23 kemenangan, 10 kali imbang, dan lima kali kalah. Ketika itu, Liverpool unggul sembilan angka atas Aston Villa.

Itu menjadi gelar liga terakhir yang direngkuh Liverpool. Ketika kompetisi teratas sepak bola Inggris berlabel Premier League, Liverpool belum lagi menambah koleksi gelar liga.

Artinya, sudah hampir 30 tahun Liverpool puasa gelar. Musim ini, puasa panjang akan gelar liga berpeluang diakhiri Liverpool yang unggul dalam perburuan trofil.

Lantas, apa saja situasi dunia terjadi di dunia sejak Liverpool terakhir juara liga?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Hanya 7 Pemain yang Sudah Lahir

Liverpool memiliki skuat yang dihuni banyak pemain berusia matang. Rataan usia jumlah 32 pemain yang terdaftar membela skuat 2019-2020 adalah 26,53 tahun.

Namun, siapa sangka ternyata hanya ada enam pemain yang sudah lahir ketika Liverpool terakhir menjuarai liga domestik pada 1989-1990. Mereka adalah Adrian, Dejan Lovren, Andy Lonergan, James Milner, Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, dan Adam Lallana.

Adapun 25 pemain Liverpool lainnya belum dilahirkan ke bumi yakni mereka yang lahir setelah tahun 1990 ke atas. Itu sudah cukup menggambarkan Liverpool yang sudah sangat merindukan gelar juara liga.

3 dari 6 halaman

2. Jurgen Klopp Masih Bermain

Ketika Liverpool meraih gelar juara liga pada 1989-1990, Jurgen Klopp ternyata masih aktif bermain. Jurgen Klopp tercatat membela Mainz.

Ini menjadi masa-masa kesuksesan Jurgen Klopp sebagai pemain. Sampai 2001, pria asal Jerman itu mampu mencatatkan 325 penampilan dan mencetak 52 gol.

Jurgen Klopp kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih Mainz sampai 2008. Klopp kemudian menjadi arsitek Borussia Dortmund sampai 2015 dan sejak saat itu melatih Liverpool sampai sekarang.

4 dari 6 halaman

3. Jerman Barat Juara Piala Dunia

Jerman Barat berhasil menjuarai Piala Dunia 1990. Ketika itu, Jerman Barat meraih gelar pada turnamen sepak bola bergengsi dunia yang digelar di Italia pada 8 Juni - 8 Juli 1990.

Jerman Barat menjadi juara Grup D setelah meraih dua kemenangan dan sekali imbang. Jerman Barat kemudian mendepak Belanda, Republik Ceska, dan Inggris.

Pada laga final yang digelar di Stadio Olimpico Roma, Jerman Barat berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 1-0. Gol tendangan penalti Andreas Brehme pada menit ke-85 mengantarkan titel buat Jerman Barat.

5 dari 6 halaman

4. Jerman Punya 2 Timnas

Jerman pernah memiliki dua Timnas sejak terpecah pada 1949. Ketika itu ada Timnas Jerman Barat dan Timnas Jerman Timur.

Timnas Jerman Barat merupakan cikal bakal dari Timnas Jerman yang ada saat ini. Adapun Timnas Jerman Timur tercatat hanya sekali mengikuti Piala Dunia yakni pada edisi 1974.

Ketika Liverpool meraih gelar Liga Inggris pada 1989-1990, Jerman Barat dan Timur masih dipisahkan pembatas panjang yang diberi nama tembok Berlin. Pada 3 Oktober 1990, Tembok Berlin dibongkar sehingga Jerman resmi dipersatukan kembali.

6 dari 6 halaman

5. Indonesia Dipimpin Presiden Soeharto

Ketika Liverpool meraih gelar juara liga terakhir pada 1989-1990, Republik Indonesia masih dipimpin oleh Seoharto sebagai Presiden. Adapun Soedharmono menjadi Wakil Presiden Indonesia ketika itu.

Soeharto-Soedharmono terpilih menjadi Presiden Indonesia pada periode 1988-1993. Ketika itu, Soeharto menamai susunan pemerintahannya dengan Kabinet Pembangunan V.

Indonesia sejak saat itu sudah berganti lima Presiden sejak Soeharto lengser pada 1998 yakni BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (dua periode), dan Joko Widodo (dua periode). Namun, Liverpool belum lagi mampu meraih gelar.

Video Populer

Foto Populer