Sukses


Dukung Aksi Marcus Rashford Kritik Pemerintah Inggris, Pep Guardiola: Pesepak Bola Juga Manusia

Jakarta - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan dukungan kepada Marcus Rashford yang menekan pemerintah Inggris menyoal isu politik. Menurutnya, pesepak bola adalah manusia biasa, yang juga punya hak untuk menyuarakan pendapatnya.

Guardiola mendukung aksi politik yang dilakukan striker Manchester United, Marcus Rashford karena menilai aksi ini sangat brilian dan mengecam publik yang tak percaya pemain sepak bola bisa punya sikap.

Rashford seperti diketahui sudah memprotes kebijakan pemerintah Inggris yang menghentikan bantuan makan gratis untuk anak-anak selama pandemi virus corona COVID-19. Ini pun langsung membuat pemerintah Inggris mengubah keputusan.

Selain Rashford, Pep Guardiola juga memuji pemainnya sendiri, Raheem Sterling. Winger Manchester City ini sebelumnya mendukung gerakan anti rasis menyusul terbunuhnya seorang warga kulit hitam di Amerika Serikat, George Floyd.

Pep Guardiola percaya pemain sepak bola, termasuk Marcus Rashford dan Raheem Sterling harus bisa mengutarakan pendapat. Dia menyebutkan hanya orang bodoh yang bilang pesepak bola seharusnya hanya memikirkan olahraga.

 

Video

2 dari 3 halaman

Manusia Biasa

Guardiola mengatakan pesepak bola hanya sebuah profesi. Yang paling utama, kata dia, pesepak bola juga seorang manusia biasa.

"Mungkin orang-orang bodoh itu tak percaya Anda seorang manusia biasa juga," ujar Guardiola seperti dikutip Goal.com.

"Kita bisa menyuarakan pendapat seperti itu walaupun Anda seorang perawat, dokter dan politisi. Itulah kita, manusia."

3 dari 3 halaman

Sumbang Dana

Pesepak bola menjadi salah satu garda terdepan untuk membuat perubahan. Belum lama, mereka termasuk Josep Guardiola membantu komunitas yang terpengaruh oleh virus corona.

Guardiola dikabarkan memberikan bantuan 1 juta euro untuk membeli peralatan medis untuk kampung halamannya, Katalunya.

 

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Liputan6.com (Defri Saefullah/Harley Ikhsan, published 17/6/2020)

Video Populer

Foto Populer