Sukses


Kembali Buat Blunder Fatal, Karier David Luiz di Arsenal Bakal Berakhir?

Bola.com, Jakarta - Manchester United menghajar Arsenal dengan skor telak 3-0 dalam lanjutan Premier League yang digelar di tengah pandemi corona COVID-19 yang dihelat di Stadion Etihad, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. Rontoknya pertahanan The Gunners terjadi usai petaka kartu merah David Luiz.

Bek asal Brasil melakukan blunder yang berujung gol pertama dan kedua Manchester City. Sang mantan pemain Chelsea itu diganjar kartu merah pada menit ke-50 usai mengganjal Riyad Mahrez yang berujung hukuman penalti yang membuat Arsenal tertinggal skor 0-2 yang semestinya tak perlu terjadi.

Gol-gol kemenangan Manchester City dicetak Raheem Sterling (45'), Kevin De Bruyne (51'/penalti), dan Phil Foden (90').

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dibuat pusing karena dua pemainnya cedera hanya dalam selang 24 menit di babak pertama pertandingan berjalan. Granit Xhaka ditarik keluar lapangan digantikan Dani Ceballos pada menit ke-8.

Apesnya David Luiz yang dimasukkan sebagai pemain pengganti Mari pada menit ke ke-24 justru memperparah keadaan.

Gol pertama Manchester City terjadi pada detik-detik terakhir babak pertama. Sebuah bola lambung dikirimkan oleh Kevin de Bruyne, yang dibiarkan memantul lemah di kakinya dengan maksud dikirimkan sebagai backpass Luiz ke arah kiper The Gunners, Bernd Leno.

Tapi Raheem Sterling dengan cepat muncul dari balik punggungnya, mencuri bola tadi dan mengirim serangan dari sudut sempit.

Gol kedua anak-asuh Pep Guardiola terjadi akibat dosa Luiz. Bola masuk ke dalam kotak penalti dan diterima dengan dada oleh Riyad Mahrez. Tapi David Luiz menjatuhkan mantan pemain Leicester City tersebut.

Wasit Anthony Taylor yang memimpin pertandingan tak punya pilihan lain kecuali mengibaskan kartu merah dan pemain berusia 33 tahun itu terpaksa meninggalkan lapangan dengan wajah muram.

Dengan hanya mengandalkan 10 pemain Arsenal kepayahan menghadapi Manchester City. Gol penutup tuan rumah yang diciptakan Phil Foden menambah derita Arsenal.

Kemenangan ini membuat Manchester City memangkas jarak poin dengan pemuncak klasemen Liverpool. Mereka kini mengoleksi 60 poin dari 29 laga, sementara The Reds ada di posisi teratas dengan koleksi 82 biji poin.

Di sisi lain, Arsenal terpuruk di posisi 9 klasemen dengan koleksi 40 poin. Kans The Gunner mendekati zona Liga Champions terasa berat.

 

Video

2 dari 3 halaman

Masa Depan di London

Masa depan David Luiz di Arsenal belakangan menjadi pembicaraan hangat. Semusim bermain di The Gunners kinerjanya dinilai di bawah ekspekstasi.

Walau begitu manajer Mikel Arteta ingin mempertahankan bek asal Brasil tersebut.

Kontrak Luiz bersama Arsenal akan tuntas akhir musim ini dan belum ada pembicaraan sama sekali soal perpanjangan masa tinggal. Oleh karenanya, masa depan Luiz dispekulasikan.

Benfica disebut-sebut mau meminang mantan pemainnya itu. Apalagi Luiz berkeinginan bisa main lagi di klub Portugal tersebut sebelum pensiun. Arsenal sebenarnya bisa saja melepas Luiz yang kerap dikritik fans karena banyak blunder.

Meski demikian, Arteta rupanya masih sayang dengan Luiz dan berkeinginan melanjutkan masa bakti musim depan.

 "Saya sangat senang dengan David, saya ingin mempertahankannya di tim ini. Dia jadi panutan para pemain sejak saya bergabung," ujar Arteta lansir Sportskeeda.

"Saya senang dengan penampilannya di lapangan, saya suka pengaruh yang dibawanya ke klub dan pemain. Saya sangat ingin dia tetap di sini," sambungnya.

Luiz baru bergabung dengan Arsenal musim panas lalu dengan torehan dua gol dari 32 penampilan sejauh ini.

Melihat penampilan sang pemain di laga melawan Manchester City, Arteta agaknya kudu berfikir lagi soal rencananya mempertahankan David Luiz

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Man City Vs Arsenal

  • Manchester City: Ederson; Walker, Garcia, Laporte, Mendy; Gündoğan, De Bruyne, D. Silva; Mahrez, Sterling, Jesus
  • Cadangan: Carson, Aguero, Zinchenko, Rodrigo, Sane, Bernardo, Fernandinho, Otamendi, Foden
  • Arsenal: Leno; Bellerín, Mari, Mustafi, Tierney; Guendouzi, Xhaka, Willock; Saka, Aubameyang; Nketiah.
  • Cadangan: Martinez, Ceballos, Lacazette, Maitland-Niles, Pepe, Luiz, Nelson, Kolasinac, Martinelli

Video Populer

Foto Populer