Sukses


5 Pelatih Terbaik Chelsea pada Era Roman Abramovich, Jose Mourinho Paling Bersinar

Bola.com, Jakarta - Roman Abramovich menjadi aktor utama di balik kesuksesan Chelsea dalam beberapa tahun terakhir. Taipan asal Rusia itu datang dengan segudang uang dan memoles The Blues menjadi tim yang berpengaruh di Inggris dan Eropa.

Kebersamaan Chelsea dengan Roman Abramovich berlangsung sejak Juli 2003. Ketika itu, Abramovich datang dengan membeli 50 persen lebih saham klub asal London Barat itu.

Ketika diambil alih Abramovich, Chelsea terlilit utang sampai 100 juta pounds. Utang tersebut perlahan dilunasi oleh Abramovich selama lima tahun.

Selain membeli dan melunasi utang Chelsea, kedatangan Abramovich juga menjadi tanda era baru klub asal London Barat itu. Sejumlah pemain dan pelatih berkualitas didatangkan demi mendongkrak prestasi kubu Stamford Bridge.

Pundi-pundi uang yang dikeluarkan Abramovich membuah hasil. Sejak 2003 sampai 2020, Chelsea berhasil meraih lima gelar liga, lima trofi Piala FA, tiga titel Piala Liga Inggris, dua gelar Community Shield, dan tiga trofi kompetisi Eropa.

Selain peran Abramovich yang tak kenal takut mengeluarkan banyak uang, ada sosok pelatih-pelatih berkualitas di balik kesuksesan Chelsea. Sejak 2003, tercatat sudah ada 12 pelatih yang menukangi Chelsea.

Lantas, siapa saja sosok yang layak disebut pelatih sukses Chelsea? Berikut ini lima pelatih yang mendapatkan predikat pelatih paling sukses Chelsea pada era Roman Abramovich dengan tolok ukur persentase kemenangan dan raihan trofi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Maurizio Sarri

Walaupun memiki karier yang singkat, namun Maurizio Sarri layak masuk daftar pelatih sukses di Chelsea. Pelatih asal Italia itu sukses mempersembahkan gelar Liga Europa buat klub asal London Barat.

Chelsea di bawah asuhan Maurizio Sarri memainkan 63 pertandingan. Perinciannya adalah memenangi 38 laga, imbang 14 kali, dan kalah 11 kali.

Persentase kemenangan Chelsea bersama Sarri mencapai 61,90 persen. Pada akhir musim, klub berjulukan The Blues itu berhasil finis di peringkat ketiga klasemen akhir Premier League.

3 dari 6 halaman

Roberto Di Matteo

Roberto Di Matteo ditunjuk menjadi pelatih Chelsea menggantikan Andre Villas-Boaz. Meskipun menjadi pelatih sambung, pada kenyataannya pria asal Italia itu berhasil mempersembahkan dua gelar buat Chelsea.

Trofi perdana yang diberikan Di Matteo adalah Piala FA 2011-2012. Adapun trofi yang paling bergengsi adalah Liga Champions 2011-2012 karena menjadi yang pertama untuk Chelsea.

Pada Juni 2012, Di Matteo diresmikan sebagai pelatih permanen. Namun, kariernya tak berlangsung lama yakni sampai November 2012 dan dipecat karena hasil buruk Chelsea di Premier League.

Meski begitu, Di Matteo punya rapor yang tak buruk-buruk amat bersama Chelsea. Di Matteo berhasil membantu klub asal London Barat memenangi 25 laga, imbang delapan kali, dan sembilan kali kalah dalam 42 pertandingan.

4 dari 6 halaman

Antonio Conte

Antonio Conte menjabat pelatih Chelsea rentang 2016-2018. Pelatih asal Italia itu berhasil mempersembahkan dua gelar untuk kubu Stamford Bridge.

Conte mempersembahkan titel Premier League 2016-2017 pada musim pertamanya dan memberikan gelar Piala FA pada 2017-2018. Chelsea memainkan 106 pertandingan di bawah asuhan Conte.

Chelsea tercatat mampu memenangi 69 pertandingan, imbang sebanyak 17 kali, dan kalah dalam 20 laga. Statistik tersebut membuat persentase kemenangan Chelsea bersama Conte mencapai 65,1 persen.

5 dari 6 halaman

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti menukangi Chelsea selama dua musim rentang 2009-2011. Bersama Chelsea, Ancelotti berhasil meraih tiga gelar yakni Premier League 2009-2010, Piala FA 2009-2010, dan Community Shield 2009.

Chelsea di bawah asuhan Ancelotti tampil sebanyak 109 pertandingan di berbagai kompetisi. Perinciannya adalah 67 kemenangan, 20 kali imbang, dan 22 kali kalah.

Artinya, persentase kemenangan Chelsea di bawah asuhan Ancelotti mencapai 61,47 persen. Jumlah tersebut layak membuat Ancelotti masuk dalam daftar pelatih terbaik Chelsea era Roman Abramovich.

6 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Predikat pelatih Chelsea paling sukses era Roman Abramovich diberikan kepada Jose Mourinho. Pelatih berjulukan The Special One itu tercatat menukangi Chelsea dalam dua periode.

Karier Jose Mourinho pada periode pertama di Chelsea berlangsung pada 2004-2007. Mourinho sukses memberikan dua gelar Premier League, dua gelar Piala Liga, dan satu gelar Piala FA.

Chelsea ketika itu memainkan 185 pertandingan dan sukses memenangi 124 pertandingan, imbang 40 kali, dan kalah sebanyak 21 kali. Wajar bila Chelsea ketika itu menjadi tim tangguh di Inggris.

Periode kedua Jose Mourinho di Chelsea berlangsung pada 2013-2015. Ketika itu, pria asal Portugal hanya mempersembahkan satu gelar Premier League dan satu gelar Piala Liga Inggris.

Chelsea memainkan 136 pertandingan dan sukses memenangi 80 kemenangan. Adapun 27 laga lainnya berakhir imbang dan 29 laga berujung kekalahan.

Video Populer

Foto Populer