Sukses


Liga Inggris: Ada yang Aneh, Liverpool Minta Klarifikasi Kinerja Wasit dan VAR

Bola.com, Jakarta - Liverpool meminta Premier League untuk meninjau ulang penggunaan VAR saat laga melawan Everton. Kubu Merseyside Merah menganggap ada yang tidak beres di balik keputusan kontroversial yang terjadi pada pertandingan tersebut.

Sejumlah insiden kontroversial mewarnai Derbi Merseyside yang berakhir dengan skor imbang 2-2. Pertama, Jordan Pickford melakukan pelanggaran keras terhadap Virgil van Dijk, namun tak ada tinjauan VAR.

Wasit menilai bahwa tinjauan VAR tidak diperlukan karena Van Dijk sebelumnya sudah berada dalam posisi offside. Padahal, saat Manchester United menang melawan Brighton, nyatanya wasit bisa memberikan penalti meski peluit tanda akhir pertandingan tetap dibunyikan.

"Kami kehilangan seorang pemain dalam situasi di mana VAR tidak digunakan," kata Klopp yang harap-harap cemas menunggu hasil vonis tim medis terkait seberapa parah cedera Van Dijk.

Yang kedua, keputusan VAR menganulir gol Jordan Henderson pada menit-menit akhir pertandingan juga patut dipertanyakan. Posisi Sadio Mane memang sangat ketat, antara onside dan offside.

"Saat saya menuju ruang ganti, ada banyak orang berdiri di depan laptop, lalu saya tanya ada apa. Kata mereka, 'Kami meninjau ulang tayangan ulang dan sejujurnya kami tidak tahu kenapa (Sadio Mane dianggap) offside," ujar Klopp lagi.

"Begini, saya setuju penggunaan VAR, terutama soal offside. Waktu melawan Aston Villa, satu gol kami dianulir karena ada ketiak yang offside, terdengar lucu, tapi kami terima itu."

"Kali ini, tayangan ulang memperlihatkan bahwa tidak ada ketiak yang offside. Semua orang yang saya temui tadi mengatakan bahwa Sadio Mane tidak offside," kata Klopp usai duel Everton vs Liverpool.

Dilansir dari Goal International, Liverpool diklaim akan meminta klarifikasi lebih lanjut kepada pihak terkait atas sejumlah keputusan kontroversial pada laga kontra Everton.

 

2 dari 3 halaman

Pickford Harusnya Kartu Merah

Mantan wasit Premier League, Peter Walton, mengklaim bahwa Jordan Pickford beruntung tidak diberikan kartu merah saat melanggar keras Virgil van Dijk.

"Seharusnya itu pelanggaran. Peluit bisa saja telah dibunyikan, tapi aksi Pickford masih bisa dihitung. VAR seharusnya digunakan karena ada pelanggaran serius di situ," kata Walton.

"Menurut saya, itu pelanggaran, dan Pickford beruntung tidak dikartu merah," ujarnya lagi.

Sumber: Goal International, BT Sport

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer