Sukses


Liga Inggris: Ukir Hattrick ke Gawang Burnley, Riyad Mahrez Lebih Tajam Ketimbang Cristiano Ronaldo

Bola.com, Manchester - Winger Manchester City, Riyad Mahrez, berhasil menorehkan hattrick ke gawang Burnley pada laga pekan ke-10 Premier League, Sabtu (28/11/2020) malam WIB. Berkat trigol Mahrez, Man City menang lima gol tanpa balas.

Menjalani pertandingan di Stadion Etihad, Riyad Mahrez menempati pos gelandang serang kanan dalam formasi 4-2-3-1 racikan Pep Guardiola. Pemain berusia 29 tahun itu pun tampil impresif hampir sepanjang pertandingan.

Berdasarkan statistik yang dicatat Whoscored, Mahrez melepaskan lima tembakan yang tiga di antaranya mengarah ke gawang, akurasi umpan mencapai 86 persen, memenangkan dua duel udara, serta melakukan sekali tekel dan dribel sukses.

Tiga peluang yang didapat Riyad Mahrez tersebut mampu membuahkan hasil, yakni pada menit ke-6, 22', dan 69'. Manchester City akhirnya berhasil menyudahi laga dengan kemenangan 5-0.

Dua gol The Citizens lainnya disarangkan Benjamin Mendy pada menit ke-41 dan Ferran Torres menit ke-66.

Sejumlah data dan fakta menarik mampu diukir Riyad Mahrez pasca-menorehkan hattrick ke gawang Burnley. Satu di antaranya adalah Mahrez lebih tajam ketimbang Cristiano Ronaldo dalam hal mencetak hattrick di Premier League.

 

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. Riyad Mahrez adalah pemain pertama yang mencetak hattrick sekaligus menciptakan enam peluang atau lebih pada laga Premier League. Terakhir kali hal serupa pernah dilakukan Santi Cazorla saat Arsenal menghadapi Reading pada Desember 2012.

2. Riyad Mahrez menjadi pesepak bola kedua asal Afrika yang mencetak hattrick di Premier League bersama Manchester City. Pemain Afrika pertama yang berhasil menorehkan trigol dalam satu laga dengan jersey City adalah Yaya Toure, yakni saat berhadapan dengan Fulham pada Maret 2014.

3. Gol pertama Riyad Mahrez ke gawang Burnley membuatnya telah berkontribusi dalam 100 gol di Premier League (59 gol dan 41 assist). Mahrez menjadi pemain Afrika keenam yang menorehkan prestasi tersebut, setelah sebelumnya ada Didier Drogba, Emmanuel Adebayor, Yakubu Ayegbeni, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

4. Riyad Mahrez kini telah menorehkan dua hattrick di Premier League. Jumlah tersebut lebih banyak ketimbang Cristiano Ronaldo (1 hattrick) saat masih berseragam Manchester United. CR7 mencetak trigol ketika MU bersua Newcastle United pada 12 Januari 2008. 

5. Riyad Mahrez mencetak hattricknya yang kedua di Premier League dan yang pertama dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya, dia mencetak trigol ke gawang Swansea City pada Desember 2015. Saat itu, Mahrez masih berseragam Leicester City.

Sumber: Opta, Squawka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer